Kota Mataram meraih Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 2021

id STBM,Bappeda,mataram

Kota Mataram meraih Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 2021

Ilustrasi: salah satu titik fasilitas cuci tangan pakai sabun pada salah satu sekolah di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Bappeda Mataram)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat meraih Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2021 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram Muhammad Ramayoga di Mataram, Sabtu, mengatakan Penghargaan STBM 2021 diberikan kepada Pemerintah Kota Mataram secara daring pada Jumat (15/10), bertepatan dengan Perayaan Nasional Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia.

"Mataram berhasil meraih Penghargaan STBM  2021, karena Mataram saat ini sudah mencatat 100 persen akses sanitasi dan dinyatakan lolos verifikasi stop buang air besar sembarangan atau 'open defecation free' oleh tim verifikator Provinsi NTB pada bulan 28 Agustus 2021," katanya.

Dikatakan, Pemerintah Kota Mataram mendapatkan STBM Award kategori Demand Creation Terbaik atas prestasi dan komitmennya dalam memberantas buang air besar sembarangan dan melaksanakan kampanye STBM yang berkesetaraan gender dan inklusif (STBM-GESI).

"Pelaksanaan STBM ini sesuai dengan visi Kota Mataram yakni HARUM yakni Harmoni, Aman, Ramah, Unggul dan Mandiri," katanya.

STBM juga turut mendukung misi Kota Mataram yakni mewujudkan sumber daya masyarakat yang berkualitas dan berkarakter dan meningkatkan kualitas lingkungan dan infrastuktur yang berkelanjutan dan berkeadilan.

"Alhamdulillah, Kota Mataram telah berhasil meningkatkan akses sanitasi yang inklusif di kelurahan dan sekolah dengan tercapainya 100 persen akses sanitasi," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi yang turut hadir dalam penerimaan STBM Award di Kantor Bappeda Kota Mataram, menyampaikan ucapan selamat kepada Kota Mataram baik masyarakat, pemerintah maupun lintas sektor yang telah mendukung meraih STBM Award 2021 di katergori Demand Creation.

"Hal ini merupakan tanggung jawab Kota Mataram menuntaskan 4 pilar STBM lainnya," katanya.

Karena itu, tambah Usman lagi, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, pemerintah dan Plan Indonesia yang sudah bekerja sama dalam mewujudkan capaian ini dan semoga tahun depan Kota Mataram bisa melanjutkan untuk pencapaian Deklarasi 5 Pilar STBM.