Bupati Buleleng targetkan Danau Buyan jadi DTW

id Pemkab Buleleng, Danau Buyan, DTW, DTW unggulan, pariwisata, wisata bali, bali visit

Bupati Buleleng targetkan Danau Buyan jadi DTW

Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana. ANTARA

Singaraja, Buleleng (ANTARA) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana menargetkan Danau Buyan menjadi daerah tujuan wisata (DTW) unggulan di wilayah utara Pulau Dewata. "Berbagai upaya terus dilakukan untuk melestarikan dan mengembangkan Danau Buyan," ujarnya setelah memimpin Gerakan Bali Resik dan Tebar Benih Ikan di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Jumat.

Agus menjelaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sebenarnya sudah mendesain Danau Buyan sedemikian rupa sampai ke daerah Dasong. Dalam desain tersebut direncanakan ada fasilitas rumah pohon, sehingga bisa memberi kontribusi, baik sebagai destinasi yang dituju wisatawan maupun penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang maksimal ke depan.

Meskipun begitu, pengembangan juga dilakukan dengan melibatkan desa dinas dan desa adat, bekerja sama dengan Pemkab Buleleng. Sementara, dibangun dengan model pemanfaatan lahan untuk trek lari ringan dan tempat kemah. Pembangunan dilakukan dengan memanfaatkan limbah proyek jalan baru Singaraja-Mengwitani.

Baca juga: Berpesta di Pesta Kesenian Bali 2022
Baca juga: Pesta Kesenian Bali momentum bangkitnya ekonomi-pariwisata