Menyambut KTT G20, kolaborasi PIC gelar "Gerakan Bersih Pantai Bali"

id Gerakan bersih pantai,KTT G20,Sampah,Komunitas peduli lingkungan

Menyambut KTT G20, kolaborasi PIC gelar "Gerakan Bersih Pantai Bali"

Kemunitas peduli lingkungan melakukan Gerakan Bersih Pantai di Bali. (ANTARA/HO-Dok PIC)

Denpasar (ANTARA) - Pemuda Indonesia Center (PIC) berkolaborasi dengan Trash Hero Sanur dan Dewata Sorong, mengadakan kegiatan Bersih Pantai Bali atau Bali Beach Clean Up to Welcome and Support G20 Summit di kawasan Pantai Mertasari, Sanur Bali, Sabtu.

Ketua Umum PIC Ahmad Rivaldi mengatakan pihaknya akan proaktif mengajak turis dan warga, khususnya saat ini berada di seputar lokasi dan berlibur di Bali.

Menurut Ahmad Rivaldi, Gerakan Bersih Pantai Bali merupakan bentuk dukungan dan kontribusi PIC bersama semua elemen masyarakat dalam menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

"Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan, terutama kebersihan pantai," kata Ahmad Rivaldi.

Lebih jauh dari itu, kata dia, Gerakan Bersih Pantai Bali sebenarnya memiliki misi untuk membangun citra positif bangsa Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20, yang peduli pada kebersihan, kenyamanan dan keamanan.

I Wayan Aksara, pegiat Trash Hero Sanur, sebuah gerakan relawan dibawah naungan Trash Hero World yang memiliki misi untuk mengedukasi masyarakat melalui kampanye aksi bersih, menjaga kebersihan lingkungan demi keberlangsungan hidup generasi selanjutnya yang lebih baik.

"Kegiatan hari ini dilaksanakan di Pantai Mertasari, Sanur Bali, sebagai bentuk kepedulian dan ajakan kepada turis dan masyarakat umum, untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan, harapannya pantai bebas dari sampah" ujar Aksara.

Kolaborasi PIC, Trash Hero dan Dewata Sorong ini melibatkan warga setempat dan Kelompok turis asing dari berbagai negara yang berada di sekitar lokasi kegiatan.

Gerakan Bersih Pantai Bali merupakan bentuk kampanye menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan, yang nantinya berdampak pada kenyamanan wisatawan lokal maupun asing.

Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan cara membersihkan sampah organik maupun non-organik yang ada di pesisir pantai. Semua sampah tersebut dikumpulkan kemudian dimasukkan ke dalam kantong-kantong yang telah disediakan.  

Kampanye Gerakan Bersih Pantai Bali juga akan mengadakan pembagian botol tumbler dan kaos ramah lingkungan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan.

Tumbler dan kaos tersebut sekaligus menjadi simbol dan pesan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan terutama di sekitar pantai.

Jechris Faam, Ketua Dewata Sorong, sebuah Komunitas Pelajar dan mahasiswa Papua di Daerah Bali, dalam kesempatan itu pun menilai, bahwa selain menjaga kebersihan pantai, kondusifitas keamanan di Indonesia khususnya wilayah Bali dalam keadaan baik,

"Mari kita bersama menjaga kebersihan dan Keamanan lingkungan supaya tetap kondusif dan siap untuk mensukseskan kegiatan KTT G20 di Bali," ucapnya.

Sebagai informasi, KTT negara G20 di Bali berkomitmen untuk menyatukan sekaligus membahas isu lingkungan hidup dan perubahan iklim. Pertemuan G20 diharapkan dapat meningkatkan upaya-upaya pengelolaan lingkungan hidup dan pengendalian perubahan iklim global.

Dalam pertemuan Deputi Lingkungan dan Kelompok Kerja Keberlanjutan Iklim (Environment Deputies Meeting and Climate Sustanability Working Group / G20 EDM-CSWG) di Bali pada 29-30 Agustus 2022, seluruh negara peserta sepakat dengan tiga isu prioritas.

Pertama, mendukung pemulihan yang berkelanjutan (supporting more sustainable recovery).  Kedua, peningkatan aksi berbasis daratan dan lautan untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim (enhancing land-and sea-based actions to support environment protection and climate objectives).

Ketiga, peningkatan mobilisasi sumber daya untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim (enhancing resource mobilization to support environment protection and climate objectives).

Baca juga: Amman Mineral dan KUPP Benete lakukan Gerakan Bersih Laut dan Pantai