Rusia sampaikan apresiasi atas presidensi G20 di Bali

id RUSIA,Dubes Rusia,Indonesia,G20

Rusia sampaikan apresiasi atas presidensi G20 di Bali

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Rabu (7/10/2022). (ANTARA/Aria Cindyara)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menyampaikan apresiasi pemerintah negaranya untuk Indonesia atas presidensi di G20 yang disebutnya berjalan dengan baik.

“Kami ingin sekali lagi mengekspresikan apresiasi kami terhadap presidensi Indonesia di G20, dan kami sangat berterima kasih untuk semua upaya dari pemerintah Indonesia untuk menyukseskan G20 dan fokus pada prioritas yang telah ditentukan,” ujar Dubes Vorobieva dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Rabu.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi Indonesia yang disebut sukses menjaga forum G20 untuk berkonsentrasi pada isu-isu yang relevan dan penting terkait ekonomi, alih-alih menjadi wadah yang dipolitisasi.

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang tak menghadiri konferensi tingkat tinggi G20 di Pulau Bali pada November lalu, juga telah mengirimkan pesan di mana Ia mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas kesuksesan dalam presidensi di G20, tambahnya.

Baca juga: Program prioritas G20 Indonesia dilanjutkan di G20 India
Baca juga: Putri Gorda tak malu ngaku grogi jadi MC di ajang KTT G20


“Juga sebagai hasil yang konkret dari presidensi ini, sebuah deklarasi telah diadopsi. Sebelumnya, berbagai forum tidak dapat mencapai itu karena adanya perbedaan dalam pandangan,” kata Vorobieva. Dia pun menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya untuk mendukung presidensi Indonesia di G20. Rusia terus menghadiri semua pertemuan yang tercakup dalam rangkaian acara G20 sepanjang tahun 2022.

Meski Presiden Putin tak dapat hadir secara langsung di KTT G20 di Bali, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov datang untuk mewakili Putin. “Menteri (Lavrov) juga datang ke Bali sebanyak dua kali untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan KTT. Dia juga telah melakukan pertemuan bilateral dengan Ibu Retno Marsudi,” ujar Vorobieva.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rusia sampaikan apresiasi atas presidensi Indonesia di G20