Warga kota mataram sambut ramadhan

id mataram,berzikir

Warga kota mataram sambut ramadhan

udayana berzikir dan bersalawat(foto/Humas Kota Mataram)

Karena itu, dengan kegiatan ini kami mulai menghidupkan kembali kecintaan umat Islam terhadap seni Islam sekaligus menebarkan syiar Islam melalui seni
Mataram,(Antara)- Ratusan orang warga Kota Mataram yang tergabung dalam Perkumpulan Seni Islam (PSI) menggelar "Udayana Berzikir dan Bershalawat" untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah, Kamis malam.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan parkir Taman Udayana Kota Mataram itu dihadiri pula oleh para pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Jalan Udayana.

Panitia Pelaksana Udayana Berzikir dan Bershalawat Moh Ahyar mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat muslim dan generasi muda mencintai seni musik Islam, karena minat masyarakat Lombok saat ini sudah mulai berkurang.

"Karena itu, dengan kegiatan ini kami mulai menghidupkan kembali kecintaan umat Islam terhadap seni Islam sekaligus menebarkan syiar Islam melalui seni," katanya.

Dalam kegiatan Udayana Berzikir dan Bersalawat, panitia menampilkan beberapa kesenian Islam, di antaranya musik kasidah, rudat, dan hadrah. Jenis kesenian yang ditampilkan tersebut merupakan kesenian khas Pulau Lombok yang bernuansakan Islam.

"Dalam berbagai kegiatan kesenian Islam di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi, kesenian tersebut kerap meraih prestasi," katanya.

Camat Selaparang Kota Mataram Irwan Rahadi menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut karena mampu meningkatkan iman dan taqwa umat muslim.

Ia mengatakan, menyambut bulan Ramadhan tidak cukup dengan kesiapan fisik dan mental, tetapi kesiapan iman dan taqwa juga jauh lebih penting, sebab orang yang dipanggil untuk melaksanakan ibadah puasa adalah mereka yang beriman dan bertaqwa.

"Dengan bekal iman dan taqwa mampu menciptakan generasi yang berkualitas," katanya.