Masjid Istiqlal sediakan beragam fasilitas Shalat Idul Id

id Masjid Istiqlal,shalat idul fitri,Imam Besar Masjid Istiqlal ,Nasaruddin Umar

Masjid Istiqlal sediakan beragam fasilitas Shalat Idul Id

Suasana Masjid Istiqlal di Jakarta, Rabu (23/3/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan pihaknya akan menyediakan berbagai fasilitas kepada para jamaah untuk menunjang kegiatan Shalat Idul Fitri yang diadakan pada Sabtu (22/4)
 
"Walaupun tempat wudhu sudah sangat banyak, kami mengantisipasi membludaknya para jamaah. Kami membuat tempat wudhu ekstra," kata Nasaruddin dalam keterangannya di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat.
 
Nasaruddin mengatakan pihaknya menyediakan klinik untuk mengatasi jamaah yang sakit serta perawatan khusus jika jamaah berada dalam kondisi darurat. Selain itu pihaknya juga menyiapkan pemadam kebakaran serta ambulans yang siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Termasuk juga sistem penitipan barang, kita ada petugas yang memakai pakaian khusus, nanti jamaah bisa menitipkan barang ke mereka," tambah mantan Wakil Menteri Agama (Wamenag) tersebut.
 
Dia mengatakan Masjid Istiqlal juga dilengkapi dengan sedikitnya 146 kamera pengawas (CCTV) di berbagai titik guna menjaga keamanan selama beribadah.

Baca juga: Ribuan warga padati shalat Idul Fitri di Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram
Baca juga: Shalat Id warga Muhammadiyah Kabupaten Jember tersebar di 64 lokasi
 
Selain itu Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal Bukhori Sail Attahiri mengatakan pihaknya menyiapkan beberapa kantong parkir.
 
"Kita punya basement, selain itu juga bekerja sama dengan Katedral, Pertamina, serta Kemenag, perihal parkir. Nanti ada yang mengatur," kata Bukhori.