Polisi gelar "strong point" cegah pelanggaran lalin di Kupang

id Polda NTT,antisipasi arus lalin,antisipasi kecelakaan

Polisi gelar "strong point" cegah pelanggaran lalin di Kupang

Sejumlah anggota polisi sedang menjaga kelancaran arus lalu lintas di Kota Kupang. ANTARA/Ho-Polresta Kupang Kota.

Kupang (ANTARA) - Sebanyak 125 personel Polda NTT BKO operasi Ketupat Polresta Kupang Kota menggelar strong point bantu kurangi angka pelanggaran lalu lintas, di wilayah Kota Kupang pada Rabu (26/4) malam.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna B kepada wartawan di Kupang, Rabu mengatakan bahwa strong point atau kegiatan pengaturan arus lalu lintas, ditujukan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di saat warga memulai beraktivitas ketika arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

“Jadi ini kolaborasi antara kedua personel Polda NTT dan juga Polresta Kupang Kota yang dilakukan di beberapa titik, diantaranya di lokasi rawan macet, kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalin lainnya,” katanya.

Dia mengatakan bahwa dalam hal sanksi yang diberikan ujar dia hanya teguran dan imbauan kepada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran kasat mata seperti tanpa helm SNI, bonceng tiga dan knalpot bising. Dia juga mengatakan bahwa giat itu juga dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama saat musim mudik-balik Lebaran 2023.

Menurutnya, kegiatan strong point ini merupakan wujud kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat yang selalu siap dan mengimbau masyarakat agar tertib berlalu lintas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kota Kupang.

Selain itu, kegiatan ini juga guna mengantisipasi kemacetan dan membantu masyarakat pengguna jalan menyeberang. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan Polri kepada masyarakat sekaligus salah satu langkah deteksi dini yang dilakukan oleh ratusan personel BKO untuk membantu Polresta Kupang Kota dalam hal mengurangi angka pelanggaran lalu lintas, khususnya di wilayah Kota Kupang.

Baca juga: Polisi fokuskan pengamanan di Wisata Ponot Asahan Sumut
Baca juga: Polisi siapkan bus gratis di Bandara Lombok arus balik Lebaran 2023


"Ini bagian dari upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Pada pelaksanaan strong point malam itu, situasi berjalan aman, lancar serta kondusif,” pungkasnya.