Surabaya Night Zoo inovasi layak diapresiasi

id wali kota surabaya,Surabaya Night Zoo,inovasi,KBS

Surabaya Night Zoo inovasi layak diapresiasi

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama istri dan kedua anaknya saat menghadiri uji coba operasional "Surabaya Night Zoo" di KBS pada Minggu (22/5/2023) malam.  (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan Kebun Binatang Surabaya (KBS) dengan Surabaya Night Zoo atau kebun binatang malam adalah sebuah inovasi yang layak mendapat apresiasi.

"Luar biasa, KBS dengan night zoo. Ini sangat sangat menunjukkan inovasi out of the box," kata Eri Cahyadi dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Menurutnya, inovasi tersebut membuat KBS menjadi tempat wisata malam pilihan warga Surabaya. Ia mengakui sejak awal penasaran dengan konsep Surabaya Night Zoo dan setelah menyaksikan langsung ia mengapresiasi inovasi tersebut. 

Selain itu Wali Kota Eri juga menyampaikan terima kasih kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang selama ini mendampingi Pemkot Surabaya, khususnya KBS, dalam mengembangkan Surabaya Night Zoo.

Sementara itu Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Khoirul Anwar mengatakan uji coba operasional ini belum sepenuhnya selesai karena masih ada beberapa ajang yang disiapkan saat peluncuran pada awal Juni mendatang.

Karena itu dia berpikir untuk mulai mengenalkan ke masyarakat dalam menikmati petualangan malam di KBS dengan paket-paket pilihan. Bisa menikmati satwa nokturnal saat di KBS dengan lembaga konservasi yang lain.

"Kami sudah melakukan kerja sama dengan travel biro untuk mengenalkan KBS, tidak hanya kunjungan wisata harian tapi juga mancanegara. Nantinya akan menjadi salah satu paket yang harus dilewati ketika melakukan kunjungan di Surabaya," kata Khoirul.

Menurutnya, dalam Surabaya Night Zoo itu nantinya pengunjung akan dibatasi per grup 25 orang dengan durasi waktu keliling 45-60 menit sesuai paket yang telah dipesan. Untuk masuk ke sana harus mendaftar dulu.

Baca juga: Seekor gajah lahir di Puncak Bogor diberi nama Covid
Baca juga: Pemkab Bogor beri Taman Safari Piala Panca Karsa Pariwisata


"Disediakan pilihan jam dan tanggal. Ada paket, ada makan malam, ada permainan, dan lainnya. Harga tiket Rp100 ribu-Rp150 ribu untuk promosi awal saat mulai buka. Nanti Surabaya Night Zoo akan buka setiap hari Sabtu dan Minggu saja, tidak setiap hari," katanya.