Sudah sejauh mana persiapan AFF U-19 di Surabaya? begini penjelasan Cak Eri

id Wali Kota Surabaya,Gelora Bung Tomo

Sudah sejauh mana persiapan AFF U-19 di Surabaya? begini penjelasan Cak Eri

Arsip - Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur. ANTARA/Rizal Hanafi

Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November (G10N) untuk menyambut pergelaran Piala AFF U-19 pada 17-29 Juli 2024 telah mencapai 95 persen.

"Dari persiapannya kami sudah melakukan dengan maksimal dari pengecekan lampu, pengelolaan sampah dan fasilitas sekitar stadion sudah dimaksimalkan," kata Eri Cahyadi dalam keterangannya di Surabaya, Senin.

Selain itu, pada kedua stadion yang akan dipakai pertandingan juga telah dilakukan pengecekan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) maupun FIFA.

"Mereka tidak menemukan catatan krusial saat meninjau GBT karena sudah sesuai standar FIFA mengingat sebelumnya stadion tersebut digunakan menggelar pertandingan Piala Dunia U-17, begitu juga di Tambaksari (G10N)," ujarnya.

Selain itu, kata Cak Eri, sapaan akrabnya, terkait transportasi juga telah dipersiapkan semaksimal mungkin, belajar saat pelaksanaan Piala Dunia U-17 lalu.

"Kami telah siapkan dari Bus Suroboyo, Semanggi dan transportasi lainnya, yang pasti belajar dari pengalaman saat Piala Dunia kemarin dari waktu penjemputan dan sebagainya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Olahraga Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Eringgo Perkasa mengatakan seluruh persiapan penyelenggaraan pertandingan Piala AFF U-19 masih terus berjalan, baik di Stadion GBT maupun Gelora 10 Nopember.

"Perbaikan itu terus kami lakukan bersama Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya," kata Eringgo.

Eringgo optimistis seluruh proses perbaikan di dua stadion tersebut bisa selesai sebelum tanggal 17 Juli 2024.

"Sisi belakang Gelora 10 Nopember ada Asrama Karanggayam, karena itu nanti juga akan digunakan sebagai tempat pendidikan Persebaya," tutur dia.

Dalam kejuaraan sepak bola internasional yang diperebutkan oleh tim nasional anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) itu, Timnas Indonesia U-19 berada pada Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina.

Sementara untuk grup B dihuni oleh Laos, Vietnam, Myanmar dan Australia. Sedangkan grup C diisi oleh Malaysia, Thailand, Singapura serta Brunei Darussalam.

Pertandingan tahun ini, hanya tim berstatus juara grup yang dipastikan melaju ke fase gugur, tepatnya babak semifinal. Sedangkan tim runner-up hanya diambil satu dari tiga grup tersebut.