Pemkab Lombok Tengah menggelar sensus pajak daerah

id Pajak Lombok Tengah,Sensus Pajak Daerah Lombok Tengah,Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri ,Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah menggelar sensus pajak daerah

Dokumen sidang paripurna di kantor DPRD Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Humas DPRD Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat melaksanakan sensus pajak daerah sebagai upaya lain dalam rangka peningkatan potensi dan pencapaian realisasi target pendapatan asli daerah (PAD) 2023.

"Itu salah satu langkah yang dilakukan pemerintah daerah sebagai upaya pencapaian target PAD," kata Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri saat sidang paripurna di kantor DPRD setempat, Selasa.

Selain itu, pemerintah daerah juga terus melakukan intensifikasi dengan kegiatan optimalisasi penggalian penerimaan pajak daerah melalui pembentukan tim pendataan dan tim penagihan terpadu melibatkan semua pihak, sosialisasi/penyuluhan untuk meningkatkan ketaatan dan kepatuhan wajib pajak.

"Penagihan dan sosialisasi tersebut, dapat pula dilakukan dengan melibatkan aparat penegak hukum" katanya.

Ia mengatakan, ekstensifikasi melalui pendataan dan pendaftaran wajib pajak baru dan pemutakhiran data setiap hari dengan pola "mentari" (mendata setiap hari).

"Penggunaan data potensi pajak dan retribusi sebagai target pendapatan secara konsisten," katanya.

Upaya lainnya yang dilakukan adalah updating database potensi pajak daerah maupun retribusi daerah secara menyeluruh dan perbaikan tata kelola pajak daerah dan retribusi daerah dengan menggunakan sistem terintegrasi, mulai dari proses.

"Petugas pemungutan diberikan pelatihan terkait regulasi terbaru, tata cara penagihan yang baik, benar, tepat jumlah, tepat waktu serta peningkatan komitmen anti korupsi," katanya.

Pihaknya juga melakukan evaluasi juga terhadap tata kelola sistem penagihan, penataan administrasi melalui pengawasan secara berkala serta rekonsiliasi inter dan antar perangkat daerah.

"Pelaporan yang dilakukan melalui digitalisasi dengan menggunakan sistem dari hilir sampai hulu, sehingga tersaji data yang lebih akurat," katanya.

Untuk diketahui, Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Tengah 2023 mencapai Rp315 miliar.