Pengadilan menerima pengajuan banding terdakwa korupsi KUR Rp29,1 miliar

id KUR ,Kredit Usaha Rakyat,KUR Petani Jagung,BPKP NTB,Korupsi KUR di Lombok,Kejati NTB,NTB

Pengadilan menerima pengajuan banding terdakwa korupsi KUR Rp29,1 miliar

Bendahara HKTI NTB Lalu Irham Raifuddin Anum (kiri) yang menjadi terdakwa korupsi penyaluran dana KUR petani jagung di Kabupaten Lombok Timur usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Mataram, Kamis (6/7/2023) sore. ANTARA/Dhimas B.P.

Mataram (ANTARA) - Pengadilan Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, menerima pengajuan upaya hukum banding dari Lalu Irham Rafiuddin Anum yang menjadi salah seorang terdakwa korupsi penyaluran dana kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp29,1 miliar.

"Iya, terdakwa atas nama Lalu Irham melalui penasihat hukumnya mengajukan banding dengan menyatakan secara resmi hari ini ke pengadilan," kata Juru Bicara Pengadilan Negeri Mataram Kelik Trimargo di Mataram, Selasa.

Pengajuan upaya hukum lanjutan atas putusan Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Mataram pada tanggal 6 Juli 2023 itu turut dibenarkan penasihat hukum Lalu Irham, Satrio Edi Suryo.

"Iya, sudah secara resmi hari ini kami menyatakan banding. Memori menyusul karena salinan putusan belum kami terima secara resmi. Kalau salinan sudah ada, kami akan pelajari dahulu, baru susun memori banding," ujar Satrio.

Satrio menyebutkan beberapa hal yang menjadi dasar mengajukan banding terhadap putusan pengadilan tingkat pertama tersebut, yakni: pertama, putusan itu tidak memberi rasa keadilan terhadap terdakwa Lalu Irham.

Terkait uang pengganti kerugian negara yang dibebankan kepada terdakwa Lalu Irham, menurut dia, kerugian itu tidak seluruhnya dinikmati oleh terdakwa Lalu Irham.

"Uang pengganti yang dibebankan semua kepada terdakwa Lalu Irham itu kurang pas karena uang itu tidak dinikmati semuanya oleh terdakwa," kata dia

Berdasarkan bukti yang telah diungkapkan oleh pihaknya di hadapan majelis hakim, uang KUR untuk petani jagung itu ada sebagian yang dialihkan untuk KUR petani tembakau.

"Itu sekitar Rp15 miliar," ujarnya.

Hal lain, kata dia, terkait dengan pernyataan hakim dalam putusan yang menyimpulkan bahwa terdakwa Lalu Irham adalah aktor intelektual dari kasus tersebut.

"Itu kami keberatan. Dari mana itu?" ucap dia.