Pemerintah Kota Mataram merancang penataan Taman Udayana

id taman udayana mataram,penataan taman,penataan kota

Pemerintah Kota Mataram merancang penataan Taman Udayana

Taman Udayana di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat telah merancang penataan Taman Udayana bagian barat sebagai pusat kegiatan olahraga, edukasi, dan rekreasi masyarakat.

"Areal Taman Udayana bagian barat akan kita tata seperti bagian timur, dilengkapi dengan jogging track atau lintasan lari santai," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Jumat.

"Kalau kita mau bangun jogging track, sekitar 50 persen pohon pelindung harus kita tebang, terutama pohon di sekitar jogging track," katanya.

Menurut dia, penebangan pohon-pohon yang berada di sekitar jalur joging akan diikuti dengan penanaman pohon-pohon yang pertumbuhan akarnya tidak akan menyebabkan kerusakan lintasan lari.

Kemal menyampaikan bahwa penataan taman juga mencakup pemasangan lampu-lampu penerangan.

"Pada malam hari taman bagian barat banyak dikeluhkan warga karena kurang lampu penerang sehingga dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Menurut dia, penataan Taman Udayana bagian barat rencananya dilaksanakan tahun 2024, setelah pembangunan ruang kreatif Teras Udayana rampung. 

"Setelah Teras Udayana selesai dibangun, barulah penataan Taman Udayana bisa kita laksanakan," katanya.

Ia mengatakan bahwa penataan taman akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan pemerintah kota.

"Anggaran yang dibutuhkan miliaran. Jadi, harus keroyokan dengan OPD terkait dan bertahap sesuai kemampuan anggaran daerah," katanya.

Ia menambahkan, organisasi perangkat daerah (OPD) yang dilibatkan dalam penataan taman di antaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, serta Dinas Perdagangan.