ASN Sumbawa Barat NTB membersihkan bantaran sungai

id Gotong royong ,Hari lingkungan hidup,sumbawa barat

ASN Sumbawa Barat NTB membersihkan bantaran sungai

Acara pembukaan kegiatan gotong royong dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, Selasa (19/9/2023) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Mataram (ANTARA) - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama TNI dan warga menggelar kegiatan gotong royong membersihkan bantaran sungai di Kelurahan Sampir dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa Barat Slamet dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-78 TNI.

"Saat ini banyak slogan yang kita dengar seperti nol sampah, nol sampah STBM dan Kabupaten Sehat. Implementasi dari slogan itu hari ini kita buktikan," katanya.

Ia mengatakan memilah sampah itu ringan, tetapi berat karena ada unsur gengsi, dan semua harus sepakat bahwa ingin Kabupaten Sumbawa Barat bersih dari sampah. "Kita harus bisa mewujudkan Sumbawa Barat bebas dari sampah plastik," katanya.

Sementara itu, Dandim 1628 Kabupaten Sumbawa Barat Letkol Inf Oktavian Englana mengatakan pihaknya ingin bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ikut terlibat dalam kegiatan pembersihan lingkungan. "Ini merupakan kolaborasi yang sangat baik, untuk menjaga lingkungan," katanya.

Baca juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN serentak gelar program bersih pantai dan pelepasan tukik
Baca juga: Kodim 1611 Badung kerja sama QNET tanam ribuan bakau serangkaian Hari Lingkungan Hidup


Peringatan hari Lingkungan Hidup ini bukan hanya sebatas ritual, sehingga dilakukan.dengan niat kebaikan, karena bagian dari iman. "Mental bersih harus kita jaga, disiplin kita jaga. Kebersamaan harus kita jaga walaupun berbeda warna, kita harus bisa saling berbagi dan menasehati," katanya.