Mataram dapat insentif fiskal penanggulangan kemiskinan ekstrem

id insentif fiskal mataram,penghargaan insentif fiskal,kemiskinan ekstrem

Mataram dapat insentif fiskal penanggulangan kemiskinan ekstrem

Sekretaris Daerah Kota Mataram Lalu Alwan Basri. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat penghargaan insentif fiskal dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk upayanya dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyerahkan penghargaan itu kepada Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Jakarta pada Kamis.

"Di NTB, Kota Mataram merupakan satu-satu-nya yang berhasil mendapat penghargaan insentif fiskal tersebut," kata Sekretaris Daerah Kota Mataram Lalu Alwan Basri di Mataram, Kamis.

"Mataram berhasil dapat penghargaan itu karena dinilai proaktif dan telah berupaya maksimal melakukan langkah-langkah percepatan penurunan angka kemiskinan ekstrem di Kota Mataram," ia menambahkan.

Dia menyampaikan bahwa jumlah penduduk dengan kategori miskin ekstrem di Kota Mataram telah berkurang dari 22.244 keluarga menjadi sekitar 19.000 keluarga. Sesuai Instruksi Presiden, angka kemiskinan ekstrem ditargetkan turun menjadi nol persen pada tahun 2024.

"Jadi kita harus bekerja keras untuk melakukan penurunan angka kemiskinan ekstrem agar akhir 2024, angka kemiskinan ekstrem bisa nol," kata Lalu Alwan Basri.

Ia mengatakan bahwa Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Lingkungan Hidup, serta dinas-dinas lain di Kota Mataram mendukung upaya penanggulangan kemiskinan ekstrem sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Pemerintah Kota Mataram, menurut dia, juga melibatkan sektor swasta, badan usaha milik negara, hingga sekolah dalam melaksanakan program-program penanggulangan kemiskinan ekstrem.

"Untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem ini, tidak bisa dilakukan sendiri melainkan semua harus punya komitmen dan bergerak bersama," katanya.

"Jadi untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem kita keroyokan sesuai dengan kemampuan di bidang masing-masing. Misalnya, ada yang memberikan bantuan telur, pelatihan kerja, dan lainnya," dia menambahkan.

Baca juga: Manfaatkan insentif fiskal kendalikan inflasi daerah di Sulut
Baca juga: Kemenkeu berikan insentif fiskal ke Pemkot Banjarbaru Kalsel


Ia berharap penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kota Mataram dapat meningkatkan motivasi semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama mencapai target nol kemiskinan ekstrem tahun 2024.