Wali Kota Mataram Segera Tetapkan Sekda Definitif

id SEKDA MATARAM

Saya tidak akan sembarang memberikan keputusan terhadap sekda definif, dan bukan mau-mau saya, tapi saya akan pertimbangkan dengan sungguh-sungguh apa yang dihasilkan pansel
Mataram (Antara NTB)- Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh segera menetapkan sekretaris daerah definitif untuk diajukan ke Gubernur Nusa Tenggara Barat.

"Secepatnya dalam minggu ini, nama sekda definitif akan kita serahkan ke Gubernur NTB untuk ditetapkan," katanya di Mataram, Selasa.

Pernyataan itu dikemukakannya seusai menerima surat keputusan (SK) hasil tes seleksi jabatan sekda Kota Mataram dari Tim Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Sekda Kota Mataram.

Untuk saat ini, katanya, pihaknya memang belum memikirkan siapa yang akan dipilih dari empat calon yang ada, karena dirinya masih sibuk dengan berbagai rangkaian acara Puncak Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2016.

"Insha Allah mulai nanti malam, saya akan pertimbangkan dengan sungguh-sungguh satu nama dari empat calon untuk diajukan ke gubernur pekan ini juga," katanya.

Harapannya, agar Gubernur NTB juga bisa segera memberikan jawaban penetapan dan pelantikan sekda definitif, mengingat jabatan sekda ini merupakan jabatan strategis.

Ditanya tentang siapa yang akan dipilih dari empat nama itu, wali kota tetap mengatakan hingga saat ini empat calon sekda tersebut memiliki peluang yang sama karena mereka sudah memenuhi kriteria meskipun ada urutannya.

"Semuanya baik dan memiliki kekurangan dan kelebihan," katanya.

Oleh karena itu, sambungnya, berbagai catatan-catatan yang diberikan akan ditindaklanjuti sebab tim pansel ini sudah membidani lahirnya sekda definitif di Kota Mataram.

"Saya tidak akan sembarang memberikan keputusan terhadap sekda definif, dan bukan mau-mau saya, tapi saya akan pertimbangkan dengan sungguh-sungguh apa yang dihasilkan pansel," ujarnya.

Lebih jauh, wali kota menyatakan puas dengan kinerja dan proses penjaringan calon sekda yang dilaksanakan oleh pansel.

Pasalnya, proses penjaringan calon sekda ini telah mengikuti prosedur serta mengedepankan keterbukaan dalam berbagai tahapan, pansel juga bekerja maksimal.

Wali kota mengatakan, pasel sekda ini merupakan tim yang lengkap, dengan berbagai spesialisasi pengalaman maupun keilmuannya, karena berasal dari unsur tokoh akademisi, praktisi, dan tokoh masyarakat.

Dari hasil tes yang dilaksanakan pansel, Ir H Effendi Eko Saswito, MM yang saat ini menjabat Asisten II Setda Kota Mataram sekaligus sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kota Mataram berhasil menempati peringkat pertama.

Peringkat kedua diraih oleh Ir H Mutawalli saat ini menjadi Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram.

Kemudian peringkat ketiga Drs HM Kemal Islam yang sekarang menjabat Kepala Dinas Pertamanan Kota Mataram, dan peringkat keempat Drs H Khalid yang sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mataram. (*)