Jelang tahun baru, TNI mulai amankan kawasan wisata di Lombok Tengah

id TNI,Pengamanan wisata jelang tahun Baru ,Lombok Tengah

Jelang tahun baru, TNI mulai amankan kawasan wisata di Lombok Tengah

Anggota TNI Kodim 1620 Lombok Tengah, Provinsi NTB saat melakukan pengamanan salah satu tempat wisata di Lombok Tengah, menjelang Tahun Baru 2024, Kamis (28/12/2023). ANTARA/HO-Humas Kodim 1620 Lombok Tengah.

Ini salah satu upaya pengamanan di sepanjang wilayah kawasan wisata pantai secara bertahap dari Pantai Ujung Kelor hingga Pantai Torok yang berbatasan dengan Kabupaten Lombok Barat
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kodim 1620 Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai menurunkan personel untuk melakukan pengamanan di kawasan wisata pantai menjelang perayaan Tahun Baru 2024

"Ini salah satu upaya pengamanan di sepanjang wilayah kawasan wisata pantai secara bertahap dari Pantai Ujung Kelor hingga Pantai Torok yang berbatasan dengan Kabupaten Lombok Barat," kata Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara di Praya, Kamis.

Ia mengatakan langkah tersebut diambil guna memastikan keamanan masyarakat, baik lokal maupun asing yang akan merayakan malam pergantian tahun di sekitar area pesisir pantai.

"Sehingga seluruh Koramil jajaran sesuai wilayah masing-masing dikerahkan untuk melakukan patroli rutin, baik siang maupun malam serta memperketat pengawasan di sejumlah titik strategis," ujarnya.

Baca juga: Mataram tak terapkan pembatasan kegiatan wisata saat libur tahun baru 2024

Menurut dia, pengamanan menjelang 2024 ini dilakukan untuk mendeteksi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan memberikan rasa aman bagi warga yang merayakan momentum bersejarah tersebut.

Dia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat Lombok Tengah selama perayaan Tahun Baru 2024.

"Pengamanan di wilayah pantai menjadi fokus utama, mengingat banyaknya kegiatan yang dilakukan di sekitar area ini," katanya.

Selain patroli, kata dia, Kodim 1620 Lombok Tengah juga bekerja sama dengan pihak kepolisian, Satpol PP, BKD, dan instansi terkait lainnya untuk memastikan koordinasi yang baik dalam menjaga keamanan.

Baca juga: Pelayanan publik di NTB tetap buka pada libur Natal dan Tahun Baru 2024

"Upaya ini dilakukan sebagai bentuk sinergi antarinstansi guna mengatasi potensi gangguan keamanan selama perayaan Tahun Baru 2024 digelar di seluruh wilayah kawasan wisata pantai di Kabupaten Lombok Tengah," katanya.

Selain itu, dia juga mengajak warga untuk tetap tenang dan ikuti aturan yang sudah ditetapkan pemerintah daerah, baik sebelum maupun sesudah pergantian tahun, serta bekerja sama dengan aparat yang bertugas.

Ia mengimbau agar masyarakat selalu melaporkan kepada aparat terkait segala bentuk kejadian yang dianggap mencurigakan demi menjaga keamanan bersama.

"Karena dalam suasana perayaan tahun baru, kerjasama dan kesadaran masyarakat menjadi kunci utama untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi semua," katanya.

Baca juga: Harga kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru di NTB stabil
Baca juga: Satgas: Ketersediaan pangan di NTB aman jelang Natal-Tahun Baru 2023