Kurangi sampah berserakan, DLH Mataram siapkan petugas sampah keliling saat CFD

id sepeda sampah

Kurangi sampah berserakan, DLH Mataram siapkan petugas sampah keliling saat CFD

Kepala DLH Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi. (ANTARA/Nirkomala)

Petugas kita ini akan berkeliling patroli menggunakan sepeda yang sudah dimodifikasi membawa tong sampah di bagian belakang
Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan petugas sampah keliling dilengkapi dengan tong sampah untuk patroli selama kegiatan Hari Tanpa Kendaraan atau Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Udayana setiap Minggu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Rabu, mengatakan kegiatan petugas itu untuk mengurangi sampah yang berserakan di kawasan CFD.

"Petugas kita ini akan berkeliling patroli menggunakan sepeda yang sudah dimodifikasi membawa tong sampah di bagian belakang. Seperti tong sampah keliling," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram tata pedagang saat "car free day"

Setiap Minggu, mulai pukul 06.00 hingga 09.00 Wita, sepanjang Jalan Udayana selalu ramai dikunjungi masyarakat, baik untuk bersantai, olahraga, maupun berbelanja.

Dalam aktivitas tersebut, sampah berserakan tidak bisa dihindari. Apalagi pedagang makanan juga memenuhi sepanjang Jalan Udayana, kendati DLH sudah menyiapkan tong sampah di beberapa tempat.

"Untuk mengurangi sampah yang berserakan, kita berinisiatif menyiapkan tong sampah keliling. Harapannya, langkah ini bisa efektif menangani sampah berserakan," katanya.

Baca juga: Mataram tiadakan kegiatan CFD upaya sukseskan MotoGP

Denny mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sepanjang Jalan Udayana untuk membantu petugas dengan membuang sampah melalui sepeda sampah yang telah disediakan.

"Petugas kami akan keliling melayani warga agar tidak membuang sampah di sembarang," katanya.

Pada tahap uji coba, katanya, tong sampah keliling dengan sepeda ini baru disiapkan dua unit.

"Jika ke depan ini efektif, maka jumlahnya akan kita tambah. Yang penting Mataram tetap bersih," katanya.

Baca juga: Kota Mataram uji coba perluasan areal kegiatan CFD sampai depan bekas Bandara Selaparang
Baca juga: Mataram tiadakan kegiatan CFD untuk dukung MXGP
Baca juga: Wonderful NTB Fashion Week digelar di CFD Mataram