Kementerian PUPR menuntaskan pembangunan embung dan sabo dam di Magelang Jateng

id kementerian pupr,pembangunan,embung,sabo dam,magelang,infrastruktur sumber daya air

Kementerian PUPR menuntaskan pembangunan embung dan sabo dam di Magelang Jateng

Embung Gumelem di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. ANTARA/HO - Kementerian

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan dua infrastruktur Sumber Daya Air di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yakni Embung Gumelem Kecamatan Pakis dan Sabo Dam Sungai Krasak Kecamatan Salam.

"Sarana dan prasarana sumberdaya air seperti bendungan dan embung dibangun untuk menjawab berbagai isu terkait ketahanan air dan kedaulatan pangan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin.

Basuki menambahkan, Embung Gumelem dibangun sebagai upaya meningkatkan tampungan air dalam mendukung ketahanan pangan dan Sabo Dam berfungsi sebagai pengendali sedimen Sungai Krasak yang berasal dari erupsi Gunung Merapi.

Pembangunan Embung Gumelem dimulai sejak Mei 2023 dan telah selesai Desember 2023 dengan anggaran APBN senilai Rp18,7 miliar. Dengan daya tampung 13.260 m3, Embung Gumelem memberikan manfaat air baku bagi Kabupaten Magelang dengan kapasitas 2 liter/ detik dan air irigasi pertanian hortikultura pada lahan seluas 260,44 hektar.

Embung Gumelem mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan air untuk berbagai kebutuhan masyarakat dengan menyimpan air pada saat musim penghujan dan menyediakan air saat musim kemarau.

Selain berfungsi untuk mengisi kembali air tanah sebagai upaya konservasi sumber daya air, Embung Gumelem juga dapat menjadi destinasi wisata baru dengan dilengkapi jogging track.

Selanjutnya Sabo Dam Sungai Krasak mulai dibangun pada Februari 2023 dan telah selesai Desember 2023 dengan anggaran Rp29,9 miliar. Pekerjaan Sabo Dam di bawah tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak dengan Kontraktor Pelaksana PT Mandiri Agung Pribadi.

Secara teknis, Sabo Dam Krasak dibangun 2 titik bertingkat di tengah bendung dengan cakupan 0,9 hektar sehingga sabo dapat mengalirkan air, sekaligus membendung sedimen atau endapan material vulkanik.

Baca juga: Warga padati Danau Sunter dan Waduk Pluit saat liburan tahun baru
Baca juga: Penataan kawasan Waduk Gajah Mungkur selesai Desember 2023


Apabila bendung tidak mampu menahan semua aliran debris, maka dilewatkan melalui bagian atas (overtopping), sehingga dapat meminimalisir risiko bencana banjir lahar di hilir.

Selain untuk mengurangi risiko dan dampak banjir lahar dari Gunung Merapi, Sabo Dam Sungai Krasak juga dimanfaatkan sebagai ruang publik untuk pariwisata di Magelang. Selain itu, saat ini telah diselesaikan pembangunan fasilitas food court dan area mini sepak bola.