Puluhan ribu batang ganja di Aceh Utara dimusnakan

id Aceh,BNN RI,ganja,pemusnahan ganja,berita aceh,aceh utara,Sawang aceh utara,Pemkab aceh utara,narkoba

Puluhan ribu batang ganja di Aceh Utara dimusnakan

Personel gabungan BNN, TNI/Polri membakar tanaman ganja dalam operasi pemusnahan ladang ganja di Desa Teupin Rusep, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Aceh, Selasa (23/1/2024). ANTARA FOTO/Rahmad

Perhitungan 22 ribu pohon itu, kalau ditimbang itu kurang lebih 10 sampai 11 ton ganja basah dari tiga tempat
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia memusnahkan dengan cara membakar sekitar 22 ribu batang tanaman ganja atau seberat 11 ton ganja basah yang ditanam di lahan seluas dua hektare di Desa Teupin Reusep, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara.

"Perhitungan 22 ribu pohon itu, kalau ditimbang itu kurang lebih 10 sampai 11 ton ganja basah dari tiga tempat," kata Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom di Aceh Utara, Selasa.

Ia menjelaskan, sekitar 22 ribu batang ganja tersebut tersebar di tiga titik lokasi, dengan tinggi batang ganja yang bervariasi mulai 50 hingga 150 centimeter.

Pemusnahan batang ganja dilakukan dengan cara dicabut, lalu kemudian dibakar. BNN turut melibatkan ratusan personel gabungan unsur TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Menurut Marthinus, pihaknya belum mengetahui status kepemilikan lahan tersebut. Apabila ke depan terbukti lahan itu bukan milik negara, dan memiliki sertifikat, maka pihaknya akan segera melakukan penyitaan lahan sebagai salah satu barang bukti.

Baca juga: Polres Aceh Barat amankan 23 paket ganja
Baca juga: Ini alasan perempuan asal Aceh selundupkan 9,5 kilogram ganja ke Lombok


Hingga saat ini, petugas masih memburu pelaku, mulai dari pemilik kebun maupun pekerja.

Ia menambahkan, dengan dilakukan pemusnahan ganja basah seberat 11 ton tersebut, maka BNN berhasil menyelamatkan sekitar 55 ribu jiwa generasi penerus bangsa dari ancaman narkotika.

"Jadi kita bisa dibayangkan, dari 10 ton ini jika kita tidak temukan dan (ganja) dibawa ke suatu tempat diperdagangkan secara gelap, bagaimana ini akan merusak secara fisik dan mental juga moral anak-anak bangsa kita," ujarnya.

Oleh karenanya, BNN terus mengharapkan kerjasama dari masyarakat untuk memberi informasi terkait peredaran narkotika agar generasi Indonesia dapat terselamatkan dengan cepat.

Baca juga: Perempuan asal Aceh nekat bawa 9,5 kilogram ganja ke Lombok
Baca juga: Polda NTB menggagalkan peredaran 2 kilogram ganja Aceh
Baca juga: 367 kilogram ganja diamankan polisi