KPU NTB sanding data 138 TPS di 14 desa di Sumbawa Barat

id Pemilu 2024,KPU NTB Sanding Data Suara PPP di Sumbawa Barat,Kabupaten Sumbawa Barat

KPU NTB sanding data 138 TPS di 14 desa di Sumbawa Barat

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Nusa Tenggara Barat (NTB) dan penetapan perolehan suara anggota DPRD Provinsi NTB Pemilu 2024 di Mataram, Kamis (7/3/2024). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat(NTB) menerima keberatan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang diajukan ke Bawaslu NTB untuk sanding data terkait dugaan penggelembungan suara pada 138 TPS di 14 desa di Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Anggota Divisi Teknis Penyelenggara KPU NTB Zuriati, mengatakan bahwa proses sanding data yang dilakukan hari ini, adalah untuk menindaklanjuti sejumlah keputusan Bawaslu NTB. Salah satunya, dugaan penggelembungan suara pada 138 TPS di 14 desa di Kecamatan Taliwang.

"Ini sekarang, prosesnya sedang berjalan untuk kita tindaklanjuti keputusan Bawaslu pada saat rekap tingkat provinsi. Maka, untuk pengesahan hasil rekapitulasi KPU KSB belum bisa kita lakukan," kata Zuriati pada rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi NTB dan penetapan perolehan suara anggota DPRD provinsi NTB Pemilu 2024 di Mataram, Kamis.

Menurut dia, untuk daerah pemilihan (Dapil) 5 yang terdiri dari dua kabupaten yakni, Kabupaten Sumbawa dan KSB, pihaknya menerima data-data yang lengkap terkait perubahan suara calon legislatif (caleg) di satu wilayah yakni, KSB. Terlebih, sanding data ini juga direstui oleh pihak partai tempat kedua caleg ini bernaung.

"Jadi, hari ini, kita mulai sanding datanya dan kita tunggu proses dan hasilnya. Ya ini bagian dari perbaikan menindak lanjuti rekomendasi Bawaslu NTB," ujarnya.

Diketahui total desa di Kecamatan Taliwang berjumlah sebanyak 16 desa dan 169 TPS di Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu NTB Itratip mengatakan pihaknya sudah menerima aduan caleg nomor urut 1 PPP NTB, Rusli Manawari untuk DPRD NTB Dapil 5 (Sumbawa – Sumbawa Barat) yang merasa ada dugaan penggelembungan oleh rival sesama partainya yakni, Amiruddin 'Embeng' (caleg nomor urut 2).

"Karena itu, saat pleno untuk KPU Sumbawa Barat, surat aduan tersebut dibacakan dan disampaikan," ujarnya.

Selanjutnya, oleh Ketua KPU NTB Muhammad Khuwailid yang memimpin rapat pleno, pengaduan itu dibahas dan dikembalikan pada saksi parpol. Utamanya, pada saksi PPP NTB untuk diterima atau tidak.

Terlebih, caleg nomor urut satu yang juga caleg petahana mengajukan bukti C-1 untuk 138 TPS di 14 desa di Kecamatan Taliwang, yang diduga sudah ada perubahan dengan model C Hasil Model D (pleno kecamatan).

Diketahui, caleg nomor urut 2, Amiruddin 'Embeng' memastikan diri menjadi calon peraih suara terbanyak di internal PPP untuk DPRD NTB Dapil 5 (Sumbawa - Sumbawa Barat).

Embeng yang merupakan Ketua DPC PPP Kabupaten Sumbawa Barat unggul dari saingan terberatnya di internal PPP, yakni Rusli Manawari yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Sumbawa.

Berdasarkan data berita acara dan Sertifikat Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Partai Politik dan Calon Anggota DPRD Provinsi model D Hasil yang telah dilaksanakan KPU Sumbawa dan KPU Kabupaten Sumbawa Barat. Embeng melampaui perolehan suara Rusli Manawari dengan selisih cukup signifikan.

Di Kabupaten Sumbawa, Rusli Manawari meraih 9.460 suara, sedangkan di KSB ia hanya meraih 298 suara. Sehingga total perolehan suara Rusli di Sumbawa dan KSB sebanyak 9.758 suara.

Sementara Embeng yang di kertas suara pemilu menempati nomor urut 2 tepat di bawah Rusli yang menempati nomor urut 1, di KSB meraih sebanyak 7.458 suara dan di Sumbawa meraih sebanyak 3.097 suara.

Sehingga total perolehan suara Embeng di dua kabupaten sebanyak 10.555 suara atau selisih sebanyak 797 suara lebih tinggi dari Rusli.

Dari sisi perolehan total suara partai (suara partai plus suara calon). PPP di Kabupaten Sumbawa sebanyak 17.408, sedangkan di Sumbawa Barat sebanyak 8.292 suara sehingga, total jumlah suara partai berlambang Ka'bah ini Dapil NTB 5 sebanyak 25.700 suara.