Kadisnakertrans NTB: Jadikan momentum bulan K3 sebagai implementasi komitmen

id PLN,Bulan K3,NTB,Kesehatan Kerja,Disnakertrans

Kadisnakertrans NTB: Jadikan momentum bulan K3 sebagai implementasi komitmen

PLN UIW Nusa Tenggara Barat dan Disnakertrans NTB menggelar penutupan Bulan K3. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat, menutup bulan K3 Nasional yang dimulai sejak Januari hingga Februari pada tanggal 1 Maret 2024 lalu. 

Rangkaian kegiatan yang dilakukan antara lain yakni apel peringatan bulan K3, safety town hall meeting, edukasi K3 bagi pegawai dan mitra, sosialisasi keselamatan masyarakat umum dan beberapa kegiatan seperti lomba video K3, cerdas cermat K3, resertifikasi K3, aneka lomba bekerjasama dengan Disnaker dan kegiatan implementatif lainnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  NTB, I Gede Putu Aryadi, menyampaikan apresiasinya terhadap PLN karena telah all out melaksanakan berbagai kegiatan yang bukan saja kegiatan yang bisa merekatkan hubungan antar pegawai namun juga membangun komitmen mulai dari atas sampai seluruh unit yang ada.

"Budaya safety itu harus dimulai dari pimpinan dan manajemen. Komitmen dibangun mulai dari pusat hingga daerah," katanya. 

Menurutnya, seorang pemimpin harus bisa memantau dan memberi contoh bagaimana melaksanakan mengimplementasikan budaya K3 itu secara menyeluruh dalam pelaksanaan tugas maupun dalam interaksi sehari-hari.

"Terima kasih kepada PLN atas kontribusi, bantuan sehingga seluruh rangkaian kegiatan bulan K3 di NTB tahun ini bisa berjalan lancar dan bahkan mendapat apresiasi dari Kementerian Tenaga Kerja, karena kita dinilai mampu mengimplementasikan secara komplit bagaimana membangun budaya K3 bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Budaya K3, menurut Putu Aryadi, juga harus ditularkan kepada orang-orang yang terdekat dengan kita terutama keluarga. 

"Sering kali kita lalai, kalau sudah asik bekerja kita lalai. Tapi kalau ada yang mengingatkan, minimal istri, dan anak, ketika Bapak berangkat kerja tidak membawa perlengkapan keselamatan, pasti akan diingatkan. Itulah kira-kira kalau keluarga kita, orang-orang yang kita cintai paham tentang K3, mereka akan menjadi warning bagi kita, selalu mengingatkan kita," ujarnya. 

"Mari kita jadikan momentum bulan K3 selama satu bulan kemarin sebagai awal kita memasuki implementasi dalam dunia kerja nyata yang penuh dengan komitmen atas budaya keselamatan, dan kesehatan kerja. Terimakasih atas berbagai kolaborasi, kerjasama dan kemitraan kita yang sudah berjalan baik selama ini dan harus kita pertahankan bahkan kita tingkatkan di masa-masa yang akan datang," ucap Putu Aryadi.

General Manager PT PLN (Persero) UIW NTB, Sudjarwo menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemprov NTB khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang selama ini telah mensupport PLN didalam menjalankan ketentuan K3. 

"Terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder selama ini. Ini akan menjadi motivasi kami untuk tetap menjalankan dan mengimplementasikan K3," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa PLN NTB telah mendapatkan penghargaan dari PLN Pusat sebagai Juara 1 Lomba Breaktrough Zero Accident dalam rangka Bulan K3 Nasional, serta penghargaan dari Disnakertrans NTB atas kontribusi aktif dalam kegiatan Bulan K3 Provinsi NTB. 

"Penghargaan ini menjadi salah satu bukti komitmen kami terhadap implementasi K3, namun tidak akan menjadikan kami berpuas diri. Kami berkomitmen untuk tetap menjalankan K3, karena tidak ada yang jauh lebih berharga daripada jiwa manusia," kata Sudjarwo.