11 Calon Bupati Hadiri Paparan Visi Misi Demokrat

id PILKADA NTB

semua bakal calon kepala daerah menyampaikan persoalan kemiskinan, disparitas pembangunan serta tata ruang wilayah, pariwisata serta pembangunan infrastruktur yang menjadi persoalan utama
Mataram (Antara NTB) - Sebanyak 11 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak tingkat kabupaten kota di Nusa Tenggara Barat hadir memaparkan visi misi yang digelar DPD Partai Demokrat NTB, Minggu.

Kesebelas bakal calon tersebut, di antaranya, Sulhan Muchlis Ibrahim, TGH Hasanain Juaini, Lalu Sajim Sastrawan, Lalu Ahmad Yani, H Zulkifli, HM Syamsul Lutfi, Muhammad Rum, Muhammad Irfan, Fera Amelia, Abdurahman H Abidin dan Sutarman. Kesebelas balon kepala daerah tersebut sebelumnya telah mendaftar di Partai Demokrat.

Dalam pemaparan visi misi panelis meminta para balon kepala untuk menyampaikan persoalan yang membutuhkan penanganan khusus. Hampir semua bakala calon kepala daerah menyampaikan persoalan kemiskinan, disparitas pembangunan serta tata ruang wilayah, pariwisata serta pembangunan infrastruktur yang menjadi persoalan utama.

Seperti yang di sampaikan oleh Lalu Sajim Sastrawan, untuk tata ruang wilayah, ia menyoroti hampir 100 persen tata ruang di Lombok Barat yang tidak sesuai dengan Perda RTRW. Hal senada juga disampaikan oleh H Sulhan Muchlis Ibrahim dan TGH Hasanain Juaini yang mengatakan tata ruang harus disesuaikan dengan aturan di atasnya dan penanganan kemiskinan akan menjanjikan adanya bantuan untuk usaha mikro.

Sementara, Syamsul Lutfi mengatakan angka kemiskinan di Lotim masih di bawah angka kemiskinan provinsi, namun kondisi tersebut bila tidak ditangani dengan serius akan menimbulkan dampak yang lebih parah.

Untuk Kota Bima Fera Amelia, Abdurahman Abidin dan Sutarman mengatakan, penangan tata ruang memerlukan tindakan yang serius, banyaknya alih fungsi lahan mengakibatkan lahan produktif menjadi tergerus. Untuk penanganan kemiskinan akan mendatangkan investor dimana peluang membuka lapangan kerja bagi masyarakat akan bisa dilakukan.

Kemudian, H Muhammad Irfan lebih menekankan pembangunan pada dengan pendekatan pendidikan, peningkatan mutu sumber daya manusia serta pembukaan lapangan pekerjaan.

Pada dasarnya penyampaian visi misi yang disampaikan oleh para bakal calon kepala daerah hampir menjelaskan tiga persoalan penting yang memang masih menjadi persoalan yang dihadapi oleh pemerintah NTB saat ini.

Pemaparan visi misi bakal calon kepala daerah sendiri terbagi dalam dua tahap, yakni tahap pertama dilaksanakan pemaparan visi misi bakal calon bupati wakil bupati dan wali kota serta wakil wali kota yang dimulai pukul 14.30 Wita sampai dengan pukul.17.30 Wita.

Selanjutnya untuk tahap kedua dilaksanakan pemaparan visi misi bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang dimulai pukul 19.30 Wita sampai dengan pukul 23.00 Wita.

"Sejumlah panelis kredibel akan hadir di antaranya Ridha Hakim dari WWF Indonesia NTB, Dr Sadikin Amin akademisi, Prof Wirasepta Karyadi akademisi, Dr Nuriadi Sayip dari akademisi," kata Ketua Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah DPD Partai Demokrat NTB M Nashib Ikroman. (*)

Editor: Nur Imansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar