Polisi Intensifkan patroli tempat wisata Lombok Tengah saat libur Lebaran

id Tempat wisata Lombok Tengah ,NTB,Polres Lombok Tengah

Polisi Intensifkan patroli tempat wisata Lombok Tengah saat libur Lebaran

Anggota Polres Lombok Tengah, Provinsi NTB saat melakukan patroli di tempat wisata KEK Mandalika, Jumat (12/4/2024) (ANTARA/HO-Humas Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Polres Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) intensifkan patroli ke tempat wisata selama libur lebaran 2024 yang mulai ramai dikunjungi masyarakat pasca hari raya Idul Fitri 1445 hijriah.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat di Praya, Jumat mengatakan, pihaknya telah menerjunkan personel gabungan untuk melaksanakan patroli (KRYD) kegiatan rutin yang ditingkatkan selama libur lebaran.

“Sasaran kita fokuskan di daerah destinasi wisata," katanya.

Adapun tempat wisata yang menjadi fokus pengamanan pada liburan lebaran 2024 yakni Pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun dan pantai lainnya. Selain itu, di kawasan wisata buatan seperti kolam renang Aik Bukak, Long Tune dan wisata religi (ziarah makan) Makan Ketak serta wisata alam Air Terjun Benang Kelambu.

"Pada saat libur lebaran ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat,” katanya.

Menurutnya, untuk objek wisata pantai maupun wisata air menjadi perhatian khusus, mengingatkan masyarakat yang hendak berwisata air untuk memastikan keamanannya, terutama yang hendak menaiki speed boat atau perahu wisata harus memakai jaket pelampung (life jacket).

”Kami berharap budaya keselamatan di wisata perairan menjadi budaya semua pihak,” katanya.

Polisi berpangkat melati dua tersebut menghimbau agar masyarakat sebelum pergi berwisata untuk mengecek rumahnya sebelum ditinggal, pastikan semua sudah terkunci serta simpan barang berharga di tempat yang aman.

"Dan pastikan colokan listrik dan regulator kompor gas telah dicabut guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sebelumnya, AKBP Iwan Hidayat mengatakan dalam rangka Operasi Ketupat Rinjani 2024 Polres Lombok Tengah menyiapkan 165 personel. Selain itu di bantu stakeholder terkait TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

“Dalam pengamanan operasi tahun ini ada hal yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini fokus dalam pengamanan pelayanan di jalur arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 hingga obyek wisata,” katanya.