PLN NTB dukung kenyamanan libur lebaran dengan jaga pasokan listrik

id pln ntb, pasokan listrik, mudik lebaran, libur lebaran

PLN NTB dukung kenyamanan libur lebaran dengan jaga pasokan listrik

Seorang petugas PLN mengecek kondisi SPKLU di Pulau Lombok, NTB, Kamis (11/4/2024). (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) mendukung kenyamanan masyarakat pada momentum libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah dengan menjaga secara optimal pasokan listrik.

"Kami di PLN siap menjaga keandalan pasokan listrik selama 24 jam, sehingga masyarakat maupun pemudik dapat merayakan Idul Fitri dengan nyaman dan bahagia bersama keluarga," ucap General Manager PT PLN (Persero) UIW NTB Sudjarwo melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Minggu.

Ia berharap dengan berbagai langkah persiapan, masyarakat maupun pemudik yang menggunakan kendaraan listrik dapat melaksanakan perjalanan mudik dengan aman dan lancar.

Adapun upaya persiapan agar pasokan listrik tetap optimal tersebut antara lain dengan menyiagakan petugas yang berjaga 24 jam, salah satunya untuk memberikan bantuan kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat melakukan pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Untuk wilayah NTB, PLN telah menyiapkan 10 unit SPKLU yang tersebar di beberapa lokasi, seperti di Kantor Gubernur NTB, Hotel Santika, dan Lombok Epicentrum Mall.

Sudjarwo juga telah melakukan Inspeksi langsung untuk memastikan keandalan SPKLU dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Saya telah melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa SPKLU yang ada siap beroperasi untuk melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Ada 10 SPKLU yang sudah kami siapkan dan silakan para pemudik bisa menggunakannya untuk kelancaran mudik tahun ini," ucap Sudjarwo.

PLN juga terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan, termasuk dengan penambahan fitur pada Aplikasi PLN Mobile.

Menurut dia, pemudik yang menggunakan kendaraan listrik sekarang semakin nyaman dengan adanya fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile.

Melalui fitur ini, kata dia, pemudik dapat merencanakan perjalanan mereka dengan memberikan informasi tentang lokasi-lokasi SPKLU yang tersedia di sepanjang rute perjalanan.

Selain itu, PLN juga menyediakan layanan darurat melalui Call Center 123 atau 087771112123, serta fitur emergency button pada aplikasi PLN Mobile bagi pemudik yang membutuhkan bantuan," kata Sudjarwo.