Dukcapil percepat perekaman e-KTP bagi pemilih pemula di Lombok Tengah

id Dinas Dukcapil Lombok Tengah ,NTB,Pilkada 2024,Pilkada Lombok Tengah ,Pelajar ,Pemilih pemula

Dukcapil percepat perekaman e-KTP bagi pemilih pemula di Lombok Tengah

Mobil keliling pelayanan administrasi kependudukan milik Dinas Dukcapil Lombok Tengah, Provinsi NTB (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Menjelang Pilkada Lombok Tengah, kita kembali melakukan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mempercepat perekaman e-KTP bagi pemilih pemula dengan menyasar pelajar di sekolah dalam mendukung Pilkada 27 November 2024.

"Menjelang Pilkada Lombok Tengah, kita kembali melakukan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula," kata Sekretaris Dinas Dukcapil Lombok Tengah Alfian Muntahar di Praya, Rabu.

Ia mengatakan target perekaman pemilih pemula yang ditetapkan pemerintah pusat itu sebanyak 13 ribu pemilih dari total perekaman wajib KTP sebanyak 778 ribu jiwa yang tersebar di 12 kecamatan.

"Sedangkan total warga Lombok Tengah yang telah melakukan perekaman e-KTP mencapai 98,51 persen atau 776 ribu jiwa," katanya.

Baca juga: Perekaman KTP di Lombok Tengah capai 99 persen

Menurut dia, perekaman e-KTP Lombok Tengah belum bisa rampung 100 persen, karena masih ada warga yang bekerja di luar daerah dan mereka belum melakukan perekaman e-KTP.

Selain itu, warga yang telah masuk usia 17 tahun banyak yang belum melakukan perekaman, sehingga pihaknya melakukan pelayanan e-KTP dengan menyasar para pelajar di sekolah.

"Pelayanan mobil keliling terus kita maksimalkan untuk mempercepat perekaman bagi pemilih pemula," katanya.

Baca juga: Sebanyak 99,24 persen Warga Lombok Tengah NTB telah memiliki KTP

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah mencatat berdasarkan hasil rapat pleno yang dilakukan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di mencapai 772.405 pemilih.

"Dari 773.405 DPT Lombok Tengah itu terdiri dari pemilih laki-laki 375.070 orang dan perempuan 397.335 orang," kata Ketua KPU Kabupaten Lombok Tengah Lalu Darmawan.

Ia mengatakan, jumlah DPT yang ditetapkan ini berkurang dari jumlah daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) yang telah ditetapkan sebelumnya yang mencapai 774.813 pemilih.

"Ada pengurangan jumlah pemilih setelah dilakukan perbaikan. Artinya DPT Pemilu 2024 di Lombok Tengah mencapai 772.405 pemilih," katanya.

Sebelumnya, jumlah DPSHP Kabupaten Lombok Tengah pada Pemilu 2024 mengalami pengurangan sebanyak 3.824 pemilih bila dibandingkan dengan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) yang telah ditetapkan sebanyak 778.637 pemilih.

"Ada pengurangan jumlah pemilih sementara sebanyak 3824 pemilih," katanya.

Baca juga: Warga Lombok Tengah bisa berobat cukup bawa KTP