Perekaman KTP di Lombok Tengah capai 99 persen

id E KTP,Lombok Tengah ,NTB,Dukcapil,perekaman KTP

Perekaman KTP di Lombok Tengah capai 99 persen

Kepala Dinas Dukcapil Lombok Tengah, Provinsi NTB, Baiq Anita Nindia (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Progres perekaman KTP saat ini sudah 99 persen dari total wajib KTP mencapai 738.000 jiwa,

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik telah mencapai 99 persen menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Progres perekaman KTP saat ini sudah 99 persen dari total wajib KTP mencapai 738.000 jiwa," kata Kepala Dinas Dukcapil Lombok Tengah Baiq Anita Nindia di Praya, Kamis.

Untuk mendukung Pemilu 2024 pihaknya menggencarkan pelayanan KTP dengan maksimal setiap harinya. Bahkan petugas juga berkeliling, terutama ke sekolah, untuk menyasar pemilih pemula serta bekerja sama dengan berbagai stakeholder lainnya.

"Saat ini kami masih terus memasifkan perekaman KTP ini agar seluruh wajib KTP sudah melakukan perekaman sebelum 14 Februari mendatang,” katanya.

Baca juga: Dinas Dukcapil Lombok Tengah intensifkan perekaman data KTP di sekolah

Ia mengatakan antusiasme masyarakat terhadap pentingnya pembuatan KTP sampai dengan saat ini masih tergolong tinggi sehingga Disdukcapil tidak henti-hentinya memberikan himbauan terhadap pentingnya akta kependudukan itu.

“Jadi saat ini memang kami fokus untuk perekaman KTP-elektronik yang capaian kami saat ini sudah cukup bagus,” katanya.

Untuk masyarakat yang belum memiliki KTP, kata dia, maka dipastikan akan segera rampung, karena dari Disdukcapil Lombok Tengah selama ini tetap melakukan pelayanan keliling ke berbagai sekolah untuk menyasar para pemilih pemula.

“Misalkan bagi yang akan berumur 17 tahun pada Februari 2024 maka kami lakukan perekaman, sehingga pada saat nantinya berumur 17 tahun langsung kami cetak KTP elektronik ini," katanya.

Pihaknya juga memastikan untuk saat ini kaitan dengan masalah belangko KTP juga sudah tidak ada kendala karena sampai saat ini masih ada tersedia.

“Yang jelas kami menuntaskan sisa yang belum memiliki KTP, kami terus gencarkan pelayanan keliling, termasuk ke sekolah- sekolah dan menyasar siswa yang akan memasuki usia 17 tahun untuk melakukan perekaman," katanya.

Baca juga: Dinas Dukcapil Lombok Barat turun ke desa melayani perekaman KTP-e
Baca juga: Dukcapil Lombok Barat menggencarkan perekaman KTP untuk dukung pemilu