Kemendagri dukung UMKM lewat Indonesia Maju Expo & Forum

id Kementerian Dalam Negeri,Andi Baso Indra ,UMKM,maju expo

Kemendagri dukung UMKM lewat Indonesia Maju Expo & Forum

Plh. Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Polpum Kementerian Dalam Negeri Andi Baso Indra pada Forum Literasi Budaya yang bertajuk “Penguatan Seni Budaya melalui Indonesia Maju Expo dan Forum 2024” di Jakarta, Rabu (12/6/2024). (ANTARA/HO-Puspen Kemendagri)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menggelar Indonesia Maju Expo & Forum 2024 sebagai bentuk dukungan Kemendagri terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Gelaran Indonesia Maju Expo & Forum 2024 akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 7 Juli di Jakarta Convention Center (JCC).

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta ruang komunikasi yang konstruktif dan sarana untuk meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan dalam negeri serta menarik minat investasi," kata Pelaksana Harian Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Polpum Kemendagri Andi Baso Indra dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan UMKM merupakan pilar penting bagi pembangunan ekonomi Indonesia yang terus didorong agar naik kelas. Dengan begitu, UMKM mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Andi mengatakan Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 merupakan upaya pemerintah dalam mempertemukan produsen dengan konsumen dan melalui kegiatan ini diharapkan tercipta hubungan bisnis yang saling menguntungkan di antara keduanya.

"Ujung-ujungnya nanti bagaimana mempertemukan antara produsen dengan konsumen, kemudian juga nanti dari bisnis kemudian dengan masyarakat yang akan membeli mungkin produk itu, itu kan bagian dari upaya pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah fokus perbaiki vokasi perkembangan teknologi
Baca juga: Menkop mendorong UMKM ikan hias inovatif agar tembus pasar global


Selain itu, menurut Andi, perlunya dukungan dari berbagai pihak dalam menyukseskan kegiatan tersebut karena ajang Indonesia Maju Expo & Forum 2024 dapat menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan untuk ikut andil menumbuhkan perekonomian melalui seni budaya dan UMKM.

"Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya acara ini," jelas Andi.

Andi juga mendorong seluruh pemerintah daerah turut menyukseskan kegiatan tersebut. "Kami mendorong pemerintah daerah untuk memberikan dukungan yang maksimal kepada penyelenggaraan kegiatan ini," imbuhnya.