Satu calon haji asal Lombok Tengah meninggal di Makkah

id Calon haji meninggal ,Lombok Tengah ,NTB,Haji 2024

Satu calon haji asal Lombok Tengah meninggal di Makkah

Jamaah calon haji NTB saat diberangkatkan melalui Embarkasi Bandara Internasional Lombok, Selasa (28/05/2024) (ANTARA/Ho-Humas Bandara Lombok)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Seorang calon haji bernama Rumini Binti Muslim Muhammad yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) 11 Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meninggal dunia di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.   

"Dia meninggal dunia karena sakit," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, H Syamsul Hadi di Praya, Jumat.

Sebelum meninggal dunia, calon haji yang berusia 86 tahun tersebut sempat diberikan pertolongan medis di Rumah Sakit Makkah, namun tidak bisa diselamatkan.

"Jenazah calon haji itu dimakamkan di tanah suci. Tidak dibawa pulang ke Lombok," katanya.

Baca juga: Satu lagi calon haji asal NTB meninggal di Arab Saudi

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah Nasrullah mengatakan sebanyak 1032 jamaah calon haji yang berangkat 2024 ini terbagi menjadi dua gelombang. Dua kloter utuh dan satu kloter campuran diberangkatkan pada gelombang pertama, sisanya dua kloter campuran berangkat pada gelombang kedua.

"Untuk jumlah jamaah lansia sebanyak 40 orang. Dimana ada 10 orang yang pakai kursi roda," katanya.

Untuk jamaah calon haji yang masuk kloter 02, kloter 05 dan kloter 09 masuk gelombang pertama yang langsung menuju Madinah ke Makkah. Sedangkan kloter 11 dan kloter 12 berangkat di gelombang kedua yang langsung menuju Jeddah, Makkah.

Baca juga: Jamaah calon haji yang meninggal bertambah jadi 32 orang