Gubernur NTB Perintahkan Hentikan Pembangunan Dermaga Pantai Pink Lombok Timur

id GUBERNUR NTB PANTAI PINK

Saya sudah meminta kepala dinas untuk dibatalkan pembangunannya
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi telah memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata Lalu Moh Faozal menghentikan pembangunan dermaga di Pantai Pink, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

"Saya sudah meminta kepala dinas untuk dibatalkan pembangunannya," tegas Muhammad Zainul Majdi seusai sidang istimewa DPRD NTB dalam rangka peringatan HUT ke-59 Provinsi NTB di Mataram, Jumat.

Gubernur NTB mengaku sudah mengecek langsung ke lokasi dan posisinya merusak keindahan pantai, sehingga langsung memerintahkan agar pembangunan dermaga di Pantai Pink dihentikan.

"Tidak boleh ada lagi pembangunan di situ (Pantai Pink)," ujarnya.

Kalau pun ada ingin membangun dermaga, menurut gubernur, posisinya tidak lagi di bentang pantai, melainkan di sudut pantai dan tidak merusak.

Disinggung apakah penghentian pembangunan dermaga di Pantai Pink juga berlaku di Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah, menyusul penolakan warga terkait keberadaan dermaga di tempat itu, gubernur dua periode ini menegaskan pembangunan dermaga di Selong Belanak posisinya tidak berada di tengah seperti halnya di Pantai Pink.

Namun gubernur berjanji akan melihat seperti apa dulu yang terjadi di Selong Belanak, baru bisa memutuskan.

Sebab, lanjut gubernur, kekayaan dan keindahan destinasi yang ada saat ini tidak boleh rusak akibat pembangunan oleh manusia. Meski ada intervensi yang dilakukan manusia, seharusnya tidak mengurangi keindahan destinasi yang ada.

"Makanya, kalau pun ada yang dinilai tidak pas, akan kita direvisi lagi," katanya.

Ia mengatakan tidak akan menegur Kepala Dinas Pariwisata terkait sejumlah persoalan tersebut. Sebab, adanya masalah merupakan bagian kecil dari seluruh upaya yang sudah dilakukan Dinas Pariwisata NTB terhadap kamajuan pariwisata saat ini.

"Kita tidak melihat satu sisi kinerja seseorang lantas memberikan teguran. Kalau pun ada saya memberikan teguran tidak lantas saya sampaikan ke orang atau media. Karena upaya yang sudah dilakukan Dinas Pariwisata beserta semua pihak yang terlibat dalam pengembangan pariwisata daerah ini sudah luar biasa," kata Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB). (*)