Pemkot Mataram siap semarakkan pencanangan 10 juta bendera dengan atraksi

id Pemerintah Kota Mataram,10 juta bendera,HUT RI

Pemkot Mataram siap semarakkan pencanangan 10 juta bendera dengan atraksi

Asisten I Setda Kota Mataram H Lalu Martawang. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), siap menyemarakkan kegiatan pencanangan 10 juta Bendera Merah Putih untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia (RI) dengan menghadirkan beragam atraksi seni budaya tradisional dan musik.

Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Selasa, mengatakan kegiatan pencanangan 10 juta Bendera Merah Putih dipusatkan di Teras Udayana Mataram, pada 2 Agustus 2024.

"Kami berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB siap menyemarakkan semangat kemerdekaan dengan menggelar Gerakan Nasional Pembagian Bendera Merah Putih secara besar-besaran," katanya.

Baca juga: Pencanangan 10 juta bendera digelar di Teras Udaya Mataram 2 Agustus

Untuk menyemarakkan kegiatan itu, Pemkot Mataram akan menghadirkan beragam atraksi seni budaya seperti musik tradisional Gendang Beleq, tari-tarian, serta musik dari perwakilan siswa di sejumlah sekolah di kota ini.

Selain itu atraksi drumband dari para siswa juga ikuti serta dan karena kegiatan ini akan diikuti semua lapisan masyarakat, termasuk dari siswa dan guru se-Kota Mataram.

"Untuk tahun ini kami akan buat semeriah mungkin dengan menghadirkan berbagai atraksi seni budaya melibatkan semua lapisan masyarakat," katanya.

Menurut Martawang, ribuan siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMA, termasuk yang bernaung dalam Kementerian Agama (Kemenag) juga turut berpartisipasi dalam acara ini.

Para siswa akan bersama-sama membentangkan Bendera Merah Putih tanda semangat persatuan dan kesatuan. "Ini akan jadi perhelatan meriah dan melibatkan ribuan masyarakat dari berbagai kalangan," katanya.

Sementara untuk memastikan kelancaran acara, kata Martawang, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk melayani peserta yang di perkirakan mencapai sekitar 100 ribu orang.

"Kami akan melayani ribuan peserta ini dengan baik, jadi nanti dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menyiapkan kendaraan roda tiga untuk mendrop air minum bagi peserta agar tidak kehausan di jalan," katanya.

Sementara itu Dinas Perdagangan (Disdag) juga akan menyiapkan sekitar 30 tenda UMKM di Teras Udayana yang merupakan lokasi finis Gerakan Nasional Pembagian Bendera Merah Putih dengan melakukan jalan sehat yang di mulai dari Taman Sangkareang.

Sedangkan Dinas Kesehatan menyiapkan posko kesehatan lengkap dengan tenaga medis untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta jalan sehat berupa dua mobil ambulans yang di tempatkan di Teras Udayana satu mobil dan satu mobil ikut keliling.

"Harapan kami seluruh peserta mengenakan atribut merah putih sebagai bentuk penghormatan terhadap simbol negara kita," katanya.

Martawang menambahkan pada acara puncak di Teras Udayana akan diserahkan secara simbolis Bendera Merah Putih kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan dari para budayawan dan seniman, termasuk perwakilan dari media.