BKIPM Mataram ciptakan rekor makan ikan di atas skuter

id BIKPM Mataram,Rekor makan ikan

Kegiatan tersebut diikuti seribuan peserta dari All Skuteris Bersatu Seluruh Nusantara dan All Biker, yang terdiri atas 40 klub dan 10 komunitas
Lombok Utara (Antaranews NTB) - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Mataram, Nusa Tenggara Barat, berhasil menciptakan rekor makan ikan terbanyak di atas skuter.

Acara yang digelar oleh lembaga di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut dipusatkan di Pantai Klui, Kabupaten Lombok Utara, Sabtu.

Kepala BKIPM Mataram Suprayogi mengatakan penciptaan rekor makan ikan di atas skuter tersebut sebagai rangkaian kegiatan Bulan Bakti Karantina yang bertema "Gemasatukata" (Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina), yang digelar sejak 3 April hingga 5 Mei 2018.

"Makan ikan terbanyak di atas skuter tersebut diikuti seribuan peserta dari All Skuteris Bersatu Seluruh Nusantara dan All Biker, yang terdiri atas 40 klub dan 10 komunitas," katanya.

Ia mengatakan serangkaian kegiatan bulan bakti yang dilaksanakan pada 2018 merupakan bentuk upaya BKIPM Mataram dalam rangka meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan fungsi perkarantinaan, pengendalian mutu, dan keamanan hasil perikanan, serta keamanan hayati ikan.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain "goes to market", dan berpartisipasi dalam acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV di Desa Labuhan Lombok, Kabupaten Lombok Timur.

Selain itu, sosialisasi cara penanganan ikan yang baik (CPIB) bagi pemasok, "miniplant" dan nelayan, Pekan Pelayanan Publik 2018, inspeksi penerapan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan dalam rangka sertifikasi HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Point).

HACCP adalah sebuah metode operasi terstruktur yang dikenal secara internasional yang bisa membantu organisasi dalam industri makanan dan minuman untuk mengidentifikasi risiko keamanan pangan, mencegah bahaya dalam keamanan pangan, dan menyampaikan kesesuaian hukum.

"Kami juga mengadakan kunjungan ke sekolah dan bersih pantai di Gili Trawangan. Hari ini adalah puncak kegiatan yang ditutup dengan pencapaian rekor makan ikan terbanyak di atas skuter," ujar Suprayogi.

Dalam rangkaian acara penutupan Bulan Bakti Karantina 2018, BKIPM Mataram membuka stand edukasi dan sosialisasi masyarakat tentang ikan yang sehat, bermutu dan aman konsumsi serta manfaat ikan. Warga juga bisa menyaksikan cara memfilet ikan.

Untuk menambah kemeriahan acara, BKIPM Mataram juga membuat kuis serta membagikan suvenir. 

     Penyerahan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) kepada BKIPM Mataram sebagai inisiator rekor diserahkan langsung oleh Ketua Umum dan Pendiri LEPRID, Paulus Pangka, SH, kepada Kepala BKIPM Mataram, Suprayogi. 

     BKIPM Mataram juga berkesempatan memberikan cenderamata kepada Kepolisian Resor Lombok Utara, dan Ketua Komunitas Skuter Suka Kuliner (SSK). (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar