Pj Gubernur NTB Hassanudin puji progres pembangunan IKN

id NTB,Pj Gubernur NTB Hassanudin,Ibu Kota Nusantara ,IKN,Kalimantan Timur,Pemprov NTB

Pj Gubernur NTB Hassanudin puji progres pembangunan IKN

Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hassanudin bersama para gubernur, bupati, wali kota se-Indonesia ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berkeliling melihat kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024). (ANTARA/Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hassanudin memuji progres pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Pernyataan ini disampaikan Hassanudin setelah melihat dan berkeliling bersama para pemimpin daerah se-Indonesia dalam kegiatan mengikuti pengarahan Presiden Joko Widodo di IKN melalui keterangan tertulis diterima di Mataram, Selasa.

Hassanudin mengaku senang dapat melihat progres pembangunan pusat pemerintahan di kawasan IKN yang semakin berkembang.

Baca juga: IKN berpeluang jadi kota taman hutan terintegrasi pertama

Para pemimpin daerah se-Indonesia tersebut dipimpin Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, juga sempat berkeliling sekitar istana melihat progres pembangunan pusat pemerintahan di kawasan IKN

"Senang dan bahagia sekali, hari ini kami bersama para gubernur se-Indonesia diajak Pak Bas, Menteri PUPR berkeliling sekitar istana melihat progres pembangunan pusat pemerintahan kawasan IKN. Satu kata, keren!," kata Hassanudin.

Sementara itu, dalam arahannya Presiden Jokowi mengatakan pembangunan IKN di Kalimantan Timur saat ini baru mencapai sekitar 20 persen dari keseluruhan.

"Jadi kalau bapak, ibu gubernur, bupati dan wali kota tadi melihat ini baru awal. Jadi belum selesai, jangan keliru, ini belum selesai, mungkin baru 20-an persen," ujar Presiden.

Baca juga: 47 tower hunian untuk 1.700 ASN siap digunakan pada Oktober

Presiden Jokowi juga menjelaskan, titik-titik, spot, yang dibangun di sini juga bukan hanya pusat pemerintahan seperti istana presiden dan wakil presiden, kemenko, kementerian, dan berbagai gedung lainnya. Tetapi ada juga kawasan-kawasan yang telah banyak di bangun seperti enam hotel dan enam rumah sakit yang dalam proses pembangunan di IKN.

Selain itu, ada training center dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang mendekati tahap selesai.

"IKN ini adalah contoh kota masa depan, yang dibangun rencana dan konsep untuk masa depan. Konsepnya 'forest' city, kota hutan bukan kota beton. Jadi saya kira di semua provinsi, kabupaten, kota, bisa merencanakan konsep kota itu seperti apa," katanya.

Baca juga: Sebanyak 60 ribu formasi ASN disiapkan bertugas di IKN