Pecatur Yoseph T. Taher amankan juara standar terbuka JCF

id Yoseph Taher,JAPFA Chess Festival 2024,Catur Indonesia ,PB Percasi

Pecatur Yoseph T. Taher amankan juara standar terbuka JCF

Pecatur Kalimantan Barat, IM Yoseph T. Taher (kiri) saat berhadapan dengan pecatur Jawa Barat, FM Hamdani Rudin (kanan) pada babak kesembilan standar terbuka gelaran Japfa Chess Festival 2024 di Gedung Serbaguna, Jakarta, Rabu (21/08/2024). (ANTARA/HO-PB Percasi)

Jakarta (ANTARA) - Pecatur asal Kalimantan Tengah, IM Yoseph T. Taher mengamankan gelar juara standar terbuka Japfa Chess Festival 2024 setelah melewati pertandingan alot menghadapi pecatur Jawa Barat, FM Hamdani Rudin yang berakhir remis pada pertandingan babak kesembilan di Gedung Serbaguna, Jakarta, Rabu.

Dalam pertandingan pamungkas di babak sembilan Yoseph memang hanya membutuhkan tambahan nilai setengah untuk meraih gelar juara. Pasalnya, di babak delapan, ia mengalahkan GM Novendra Priasmoro dari DKI. Hal itu tentunya membuat kejutan mengalahkan pecatur yang sudah bertitel GM.

“Tampil di PON XXI Sumut nanti, saya difokuskan bermain di kategori beregu. Dengan begitu, sudah seharusnya menyuguhkan nilai optimal, bila ingin meraih medali emas, ” ujar Yoseph dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Adapun di bawah Yosep terdapat pecatur Jawa Timur, Nayaka Budhidarma yang menempati urutan kedua, yang juga mengumpulkan nilai 8 VP. Nayaka hanya kalah dalam nilai solkof lawan Yoseph. Sedangkan urutan ketiga dipegang oleh M Ariel yang mengumpulkan total nilai 7,5 menang nilai solkof melawan Hamdani yang melorot ke urutan keempat setelah ditahan remis Yoseph.

Ketua Bidang Pertandingan PB Percasi, Hendri Jamals mengatakan pertandingan catur agenda tahunan Japfa Chess Festival kali ini merupakan tolak ukur untuk para pecatur yang akan tampil di PON 2024 Aceh-Sumut.

"Bila pecatur bergelar GM mengalami kekalahan, dapat berpengaruh saat tampil di PON. Sedangkan pecatur yang bergelar MI atau MF yang meraih kemenangan, mental juangnya lebih semangat lagi untuk meraih poin yang optimal di pesta olahraga empat tahunan nasional nantinya," ujar Hendry Jamals.

Baca juga: Pecatur putri tertinggal dari pecatur Vietnam
Baca juga: Pecatur Aditya Bagus ingin ikuti jejak idolanya, Utut Adianto


Pada pertandingan kategori senior putri, pecatur DKI Jakarta, Theodora P Walukow menyegel gelar juara setelah mengumpulkan nilai 7,5 VP. Di urutan kedua diikuti pecatur Jawa Timur, Nadya Anggraeni usai mengoleksi 7 VP. Sedangkan pecatur Papua, Ivana Lasama menempati urutan ketiga meski sama-sama mengamankan nilai 7 VP namun kalah nilai solkof atas Nadya.

Japfa Chess Festival ke-14 tahun 2024 yang diikuti 520 pecatur dsri 21 Provinsi masih memainkan partai catur cepat (rapid) dan catur kilat atau Blitz sebelum ditutup pada Jumat.