Jelang Maulid Nabi, Harga sembako di Lombok Tengah stabil

id Harga Sembako ,Lombok Tengah ,NTB,Maulid

Jelang Maulid Nabi, Harga sembako di Lombok Tengah stabil

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB Irman (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat harga sembako pada bulan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 masih stabil meskipun ada kenaikan harga daging sapi saat ini.

"Harga sembako saat ini masih stabil, hanya daging sapi yang naik Rp5 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp120 per kilogram," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah Irman di Lombok Tengah, Selasa.

Adapun harga sembako lainnya seperti beras premium Rp14 ribu per kilogram, minyak Rp18 ribu per kilogram, cabai merah keriting turun dari Rp21 ribu per kilogram menjadi Rp18 ribu per kilogram.

Baca juga: Jelang Maulid, Harga bapok di Mataram merangsek naik

Kemudian cabai besar Rp20 ribu per kilogram, cabai rawit Rp29 ribu per kilogram turun menjadi Rp20 ribu per kilogram dan tomat Rp2 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk bawang merah Rp38 ribu per kilogram, bawang putih Rp40 ribu per kilogram, bawang Bombay Rp33 ribu per kilogram.

Sementara itu, untuk harga ayam ras Rp35 ribu per kilogram dan telur ayam Rp29 ribu per kilogram, serta gula pasir Rp17 ribu per kilogram

"Untuk harga bumbu dapur itu masih normal, tidak ada kenaikan yang signifikan," katanya.

Baca juga: Harga kebutuhan pokok di Pasar Sindu Kota Mataram naik turun

Ia mengatakan untuk stok kebutuhan sembako masyarakat pada bulan Maulid ini dipastikan aman, karena saat ini musim panen padi di musim tanam ke dua telah selesai.

"Artinya stok beras masih aman untuk kebutuhan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako tersebut, sebelumnya pihaknya telah melakukan operasi pasar di beberapa kecamatan dan operasi pasar itu dilakukan secara bertahap.

"Operasi pasar kami telah melaksanakan di beberapa kecamatan," katanya.