Kedubes merayakan Hari Nasional ke-94 Arab Saudi di Jakarta

id Kedubes Arab Saudi,Hari Nasional

Kedubes merayakan Hari Nasional ke-94 Arab Saudi di Jakarta

Dubes Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, ASEAN, Republik Demokratik Timor Leste, Faisal Abdullah H. Amodi, menyampaikan pidato pada acara peringatan Hari Nasional ke-94 Kerajaan Arab Saudi di Jakarta pada Selasa malam (24/9/2024). ANTARA/Asri Mayang Sari

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta mengelar perayaan peringatan Hari Nasional ke-94 Kerajaan Arab Saudi di Jakarta pada Selasa malam.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sejak didirikan mendiang Raja Abdulaziz bin Abdulrahman Al Saud, hingga masa pemerintahan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud telah berbakti kepada agama Islam dan kaum Muslimin di segala bidang, terutama dalam melayani para tamu Allah dari seluruh dunia termasuk Indonesia," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, ASEAN, Republik Demokratik Timor Leste, Faisal Abdullah H. Amodi, di Jakarta, Selasa malam.

Hal itu, katanya, merupakan sebuah kehormatan atas anugerah yang diberikan Allah kepada pemerintah dan rakyat Kerajaan Arab Saudi, di mana selama 2023 lalu telah menerima sebanyak dua juta pengunjung dari Indonesia, termasuk lebih dari 240.000 jamaah haji.

"Kedua negara melakukan koordinasi dan pengaturan pada tataran tingkat tinggi, yaitu melalui kebijakan Inisiatif Jalan Makkah yang sudah diberlakukan di sejumlah bandara di Indonesia guna memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik bagi para jamaah haji ke Baitullah," katanya.

Dubes menambahkan bahwa Indonesia dan Arab Saudi terus berkomitmen untuk meningkatkan koordinasi, termasuk terkait pelaksanaan haji dan efisiensi dalam berbagai isu.

Acara peringatan Hari Nasional Arab Saudi dihadiri Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf, dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

Baca juga: Indonesia, Saudi firm to build floating solar power plant in W Java
Baca juga: GCC, RI wrap up first round of free-trade negotiations


Hadir pula sejumlah duta besar asing di Jakarta, di antaranya Dubes Palestina Zuhair Al-Shun, Dubes Iran Mohammad Boroujerdi, dan Dubes Uni Emirat Arab (UAE) Abdulla Salem AlDhaheri.

Berbagai makanan khas Timur Tengah seperti nasi kebuli dan hidangan lainnya yang terbuat dari daging kambing tersaji untuk para tamu undangan. Hari Nasional Arab Saudi diperingati setiap tahunnya pada 23 September dan tahun ini merupakan perayaan yang ke-94 tahun.