Kemendag memastikan stok bawang putih di ritel modern aman

id stok bawang putih

Kemendag memastikan stok bawang putih di ritel modern aman

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahja Widayanti memantau stok bawang putih di ritel modern Giant Ekstra, Tangerang, Jumat. (ANTARA/ Biro Humas Kementerian Perdagangan)

Mataram (ANTARA) - Kementerian Perdagangan memastikan stok bawang putih di ritel modern aman, yang dibuktikan melalui pemantauan ketersediaan dan harga bahan pokok, khususnya bawang putih, di Giant Ekstra CBD Bintaro, Tangerang.

"Saat ini, harga bawang putih sudah mulai turun dan stok bawang putih aman tersedia di ritel modern seluruh Indonesia," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti di Tangerang, Jumat.

Tjahya juga menyampaikan, Kemendag melaksanakan rapat koordinasi bersama pelaku usaha serta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) pada 8 Mei 2019.

Rapat koordinasi tersebut menghasilkan kesepakatan harga jual bawang putih honan atau sico curah di ritel modern sebesar Rp35.000 per kilogram (kg).

Sedangkan, bawang putih kating dijual dengan harga Rp40.000 per kg.

Upaya tersebut diharapkan dapat menekan harga bawang putih di pasar.

Kemendag mengimbau untuk mempublikasikan harga penjualan bawang putih Rp35.000 per kg melalui spanduk di setiap gerai atau outlet milik anggota APRINDO di seluruh Indonesia, sehingga dapat diketahui masyarakat bahwa harga bawang putih mulai turun.

Sedangkan untuk upaya stabilisasi harga di pasar rakyat, pada 6 Mei 2019 Kemendag juga telah melaksanakan rapat koordinasi dengan para pelaku usaha dan menyepakati harga bawang putih honan atau sico di tingkat konsumen sebesar Rp32.000 per kg.