Jerman mencukur Estonia 8-0 Piala Eropa 2020 Grup C

id Penyerang tim nasional Jerman Timo Werner

Jerman mencukur Estonia 8-0 Piala Eropa 2020 Grup C

Penyerang tim nasional Jerman Timo Werner (kanan) merayakan golnya ke gawang Estonia bersama rekan-rekannya dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C di Stadion Opel Arena, Mainz, Jerman, Selasa (11/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Ralph Orlowski)

Mataram (ANTARA) - Tim nasional Jerman mencukur habis Estonia 8-0 dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C di Stadion Opel Arena, Mainz, Jerman, Rabu dini hari WIB.

Hasil itu melanjutkan catatan sapu bersih kemenangan Jerman dalam tiga laga kualifikasi yang sudah mereka jalani dan kini tim besutan Joachim Loew itu kokoh di puncak klasemen Grup C, demikian catatan laman resmi UEFA.

Laga baru berjalan 10 menit ketika penyerang Borussia Dortmund Marco Reus membuka pesta gol Jerman ke gawang Estonia dengan tembakan keras menyambut umpan tarik Thilo Kehrer.

Tujuh menit kemudian, Serge Gnabry menggandakan keunggulan Jerman dengan sontekan mudah memanfaatkan umpan tarik dari Leroy Sane yang segera disusul gol Leon Goretzka untuk membuat kedudukan menjadi 3-0 pada menit ke-20.

Kedudukan kian timpang ketika Goretzka dijatuhkan Joonas Tamm di dalam area terlarang dan wasit menunjuk titik putih pada menit ke-25. Ilkay Gundogan yang menjadi algojo dengan tenang melepaskan tembakan keras untuk memperbesar keunggulan Jerman menjadi 4-0.

Kiper Sergei Lepmets sempat melakukan dua penyelamatan gemilang atas peluang lanjutan Jerman, namun ia tak mampu menjangkau tendangan bebas Reus pada menit ke-37 yang membuat Estonia tertinggal 0-5.

Dua peluang sempat dimiliki Estonia pada awal babak kedua lewat penyerang Sergei Zenjov namun satu tembakannya melenceng dan yang lainnya mudah dijinakkan kiper Manuel Neuer.

Gnabry mencetak gol keduanya untuk Jerman di laga tersebut pada menit ke-62 usai mengalahkan Lepmets dalam adu cepat menyambut umpan tarik kiriman Marcel Halstenberg.

Sane sempat menyarangkan bola ke gawang Estonia lagi pada menit ke-68 dengan menyambut umpan terobosan Niklas Sule, namun hakim garis mengangkat bendera dan gol tersebut dianulir, meski tayangan ulang memperlihatkan ia sebetulnya berada di posisi aman.

Timo Werner, yang masuk menggantikan Reus pad amenit ke-66, mencetak gol ketujuh Jerman pada menit ke-79 lewat sontekan yang memperdaya Lepmets yang meninggalkan sarangnya dan bola melesak ke sudut tiang jauh.

Sane akhirnya betul-betul mencatatkan namanya di daftar pencetak gol ketika melepaskan tembakan melengkung dua menit jelang waktu normal berakhir. Ironisnya, kali ini ia sebetulnya berada dalam posisi offside ketika menerima umpan kiriman Julian Draxler namun hal itu luput dari pengamatan hakim garis.