NTB siap mengembangkan 30 persen kawasan konservasi

id kawasan konservasi,Cagar Biosfer,Samota NTB,NTB kembangkan kawasan konservasi,kawasan konservasi NTB

NTB siap mengembangkan 30 persen kawasan konservasi

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (kanan) saat menghadiri pertemuan Dewan Koordinasi Internasional Manusia dan Program Biosfer, Unesco atau The International Coordinating Council Of The Man And The Biosphere Programme di Paris, Prancis, Kamis (20/6). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Hj Sitti Rohmi Djalilah menyatakan pihaknya siap mengembangkan 30 persen dari kawasan di provinsi itu untuk menjadi area konservasi (kawasan hijau).

"Pemerintah provinsi dan masyarakat NTB siap dan bersedia untuk mengambil langkah nyata demi mengimplementasikan konsep cagar biosfer ini dengan mengalokasikan 30 persen dari kawasan NTB untuk menjadi area konservasi (kawasan hijau), termasuk Taman Nasional Gunung Tambora, Taman Wisata Alam Laut Pulau Moyo, Kawasan Perburuan Pulau Moyo, Taman Wisata Laut Pulau Satonda, Kawasan Perairan Liang dan Pulau Ngali dan area konservasi lainnya di bawah program pengelolaan terpadu," ujar Wagub NTB dalam pertemuan Dewan Koordinasi Internasional Manusia dan Program Biosfer, Unesco atau The International Coordinating Council Of The Man And The Biosphere Programme di Paris, Prancis yang diterima wartawan di Mataram, Kamis.

Wagub menegaskan, pengakuan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora (Samota) sebagai cagar biosfer memiliki makna penting sebagai cara pengelolaan kawasan untuk kepentingan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan konservasi. Sekaligus, didukung oleh kajian ilmiah.

"Pengesahan Saleh-Moyo-Tambora (Samota) sebagai cagar budaya dunia merupakan pengakuan dari komunitas internasional atas kerja keras dari masyarakat NTB dan pemerintah Indonesia," tegas Rohmi.

Untuk itu, dalam pertemuan Dewan Koordinasi Internasional Manusia dan Program Biosfer, Paris, Prancis itu, Wagub NTB juga menggunakan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan Samota yang terletak di Pulau Sumbawa, Provinsi NTB. Samota, ujarnya, adalah bagian dari sunda kecil. Kawasan ini mencakup dataran rendah hingga ke perbukitan dan gunung-gunung yang ketinggiannya bervariasi dari 0 hingga lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut.

"Gunung Tambora memiliki ekosistem vulkanik dan erupsinya telah mengguncang dunia di tahun 1815. Kawasan ini adalah rumah bagi berbagai macam flora dan fauna. Kawasan ini juga memiliki komunitas lokal dengan budaya yang cukup mengesankan," jelasnya.

Karena itu, Wagub menyampaikan informasi cagar biosfer Rinjani di Lombok dan Samota di Sumbawa akan menjadi tuan rumah pertemuan 13rd South East Biosphere Reserve Network (SeaBRnet) tahun 2020.

Untuk diketahui, cagar biosfer bisa menjadi muara kegiatan konservasi, pembangunan ekonomi berkelanjutan dan pasokan kebutuhan logistik (riset, monev, pendidikan dan SDM). Cagar Biosfer juga merupakan laboratorium alam bagi pembangunan berkelanjutan.

Memiliki cagar biosfer juga memberikan akses bagi tampilnya NTB di forum Internasional. Misalnya, di Forum ICC MAB yang terdiri dari 122 negara. Juga Forum WNBR (World Network of Biosphere Reserve). Ada lagi Forum SeaBRnet (Southeast Asia Biosphere Reserve Network), di mana Lombok akan menjadi tuan rumah pertemuannya pada tahun 2020. Termasuk, SSC (South-South Cooperation).

Menurut Rohmi, cagar biosfer juga bermanfaat untuk sejumlah kebutuhan. Misalnya, bagi masyarakat di sekitarnya, bisa menggerakkan aktivitas jasa ekosistem, kegiatan produksi dan kelestarian budaya. Selain itu, bermanfaat sebagai kawasan konservasi yang akan mendukung kelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistem. Cagar biosfer juga akan bermanfaat sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya sebagai laboratorium alam.

Sementara, bagi pemerintah, (daerah maupun pusat) lanjut Rohmi, cagar biosfer akan bermanfaat untuk pengembangan ekonomi berkelanjutan, mempertahankan nilai sosial budaya dan citra pemerintah. Bagi sektor swasta, cagar biosfer akan memberikan nilai berupa penyediaan komoditas.

"Kami selaku Pemerintah Provinsi NTB, memberikan apresiasi yang tinggi atas pendeklarasian ini. Kami berharap, predikat sebagai cagar biosfer yang telah kita raih ini bisa memberikan manfaat, utamanya bagi masyarakat yang berada di kawasan cagar biosfer," ujarnya.

Wagub juga menegaskan pentingnya dukungan dan masukan dari berbagai pihak untuk memaksimalkan tata kelola cagar biosfer ini nantinya.

"Dukungan dari para pemangku kepentingan yang beragam, tentunya akan menjadi modal berharga dalam mengembangkan dan mencapai makna penting dari keberadaan cagar biosfer ini," katanya.