Kuasa hukum minta semua pihak hormati upaya Jarot-Mokhlis mencari keadilan di MK

id Pilkada

Kuasa hukum minta semua pihak hormati upaya Jarot-Mokhlis mencari keadilan di MK

Pilkada Serentak 2020 (FOTO ANTARA/Antaranews)

Mataram (ANTARA) - Kuasa hukum pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Jarot-Mokhlis, DA Malik SH, meminta semua pihak menghormati upaya yang saat ini ditempuh oleh paslon nomor urut 5 Jarot-Mokhlis di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami berharap semua pihak untuk tetap menghormati upaya yang ditempuh oleh paslon nomor 5," ujar DA Malik, SH di Mataram, Kamis.

DA Malik mengatakan, pihaknya sudah memasukan berkas permohonan termasuk kesempatan perbaikan permohonan sudah di sampaikan ke MK. Karena bagaimana pun, permohonan di mahkamah adalah salah satu hak pemohon yang diberikan Undang-Undang dalam rangka mencari kebenaran dan keadilan hukum pemilihan atau kontestasi demokrasi di daerah. 

Terlebih selisih antara pemohon dalam hal ini pasangan Jarot-Mohklis (pasangan nomor urut 5) hanya selisih 0,4 persen dengan pasangan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Sumbawa nomor urut 4, H Mahmud Abdullah-Dewi Noviany (Mo-Novi).

"Di samping itu, pemohon juga meminta kepada para pendukung untuk tetap tenang dan menanti keputusan dari Mahkamah Konstitusi," katanya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Sumbawa menetapkan paslon nomor urut 4, H Mahmud Abdullah dan Dewi Noviani (Mo-Novi) sebagai peraih suara tertinggi dalam Pilkada Sumbawa. 

Penetapan ini setelah dilakukannya rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten di Hotel Sernu pada Rabu (16/12) hingga Kamis (17/12) lalu. Perolehan suara Mo-Novi selisih tipis dengan paslon Jarot-Mokhlis.

Berdasarkan Surat Keputusan KPU Sumbawa nomor 716/HK.03.1-Kpt/5204/02/KPU-Kab/XII/2020, Mo-Novi meraih 69.683 suara. Disusul Paslon nomor urut 5 H Syarafuddin Jarot-H Mokhlis (Jarot-Mokhlis) dengan 68.801 suara. Dari perolehan suara ini, Mo-Novi unggul 882 suara dari Jarot-Mokhlis.

Kemudian posisi ketiga diraih paslon nomor urut 3, Talifuddin-Sudirman (Talif-Sudir) dengan dengan perolehan 51.169 suara. Posisi keempat paslon nomor urut 1, HM Husni Djibril-H Muhammad Ikhsan (Husni-Ikhsan) dengan perolehan 43.938 suara. Terakhir paslon nomor urut 2, Nurdin  Ranggabarani-H Burhanuddin Jafar Salam (Nur-Salam) dengan perolehan 41.275 suara.