China semakin agresif di kawasan Asia

id Menteri Pertahanan Amerika Serikat LloydAustin,China,Shangrila Dialogue,Taiwan

China semakin agresif di kawasan Asia

Arsip - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menjawab pertanyaan wartawan di Pentagon ketika militer AS mendekati akhir resmi misinya di Afghanistan di Arlington, Virginia, AS, Rabu (21/7/2021). (ANTARA/REUTERS/Ken Cedeno/am.)

Singapura (ANTARA) - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin mengatakan Washington akan berupaya mengelola ketegangan dengan China dan mencegah konflik, meskipun Beijing menjadi semakin agresif di kawasan Asia, termasuk di dekat Taiwan.

Ketegangan antara China dan AS dipicu oleh banyak hal, mulai dari isu Taiwan dan catatan HAM China hingga aktivitas militer Beijing di Laut China Selatan. Berbicara dalam Dialog Shangri-La, pertemuan utama yang membahas isu keamanan Asia, Austin menegaskan AS akan terus mendukung sekutunya, termasuk Taiwan.

"Itu sangat penting karena RRC (Republik Rakyat China) mengadopsi pendekatan yang lebih koersif dan agresif terhadap klaim teritorialnya," kata dia, Sabtu. Austin mengatakan telah terjadi peningkatan yang "mengkhawatirkan" dalam jumlah perjumpaan yang tidak aman dan tidak profesional antara pesawat dan kapal China dengan negara lain.

Baca juga: Jepang kecam negara berkemampuan nuklir abaikan aturan
Baca juga: Tesla batalkan tiga acara perekrutan staf online


Sebuah pesawat tempur China secara berbahaya mencegat sebuah pesawat pengintai militer Australia di wilayah Laut China Selatan pada Mei, sementara militer Kanada menuduh pesawat tempur China mengganggu pesawat patroli mereka saat mereka memantau penghindaran sanksi Korea Utara.

Sumber: Reuters