BNPT ajak perempuan cegah radikalisme

id Bnpt,Cegah terorisme ,Cegah ekstrimisme ,BNPT ajak perempuan cegah radikalisme,BNPT bali

BNPT ajak perempuan cegah radikalisme

Kepala Sub Direktorat Kerjasama Asia Pasifik-Afrika Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Letnan Kolonel Harianto saat memberikan materi "Perempuan Teladan Optimis dan Produktif Viralkan Perdamaian dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme" di Denpasar, Bali, Sabtu (23/7). ANTARA/Rolandus Nampu

Denpasar (ANTARA) -
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Bali bidang Perempuan dan Anak mengajak perempuan khususnya ibu rumah tangga mencegah paham radikalisme dan ekstremisme yang mengarah pada terorisme di lingkungan keluarga.
 
“Perempuan memiliki posisi yang sangat vital dalam kehidupan keluarga, bahkan masyarakat secara luas. Karena seorang perempuan sangat memungkinkan untuk menjadi partner agen transformasi pemahaman ajaran agama kepada anak-anaknya,” kata Kepala Sub Direktorat Kerjasama Asia Pasifik-Afrika Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Letnan Kolonel Harianto di Denpasar, Bali, Sabtu.
 
Di hadapan 100 orang ibu rumah tangga yang hadir di Gedung Pascasarjana Universitas Udayana Bali, Harianto mengatakan saat ini radikalisme dan terorisme menjadi salah satu tantangan besar bagi keamanan masyarakat dan keselamatan generasi penerus bangsa Indonesia.

Baca juga: BNPT-FKPT Sultra libatkan pemuda cegah radikalisme
 
Dia mengatakan, paham radikal dan ekstremisme seringkali menjadi pemicu aksi terorisme yang melibatkan dan mengorbankan banyak orang. Untuk itu kata dia, kegiatan dengan tema "Perempuan Teladan, Optimis dan Produktif (TOP) Viralkan Perdamaian" menjadi momentum untuk menggali nilai-nilai luhur pendidikan dalam keluarga dalam mencegah radikalisme dan ekstremisme.
 
"Hasil survei yang dilakukan oleh BNPT pada tahun 2019, faktor yang paling efektif dalam mengurangi potensi paham radikalisme terorisme secara berturut-turut adalah pengontrolan sosial media, internalisasi kearifan lokal, perilaku kontra radikal dan pola pendidikan anak," kata Harianto.
 
Letkol Harianto berharap perempuan bisa menjadi penyaring awal untuk mendeteksi setiap kejanggalan yang ditemukan dalam kehidupan anak-anak dalam keluarga masing-masing.
 
Dia mengatakan perempuan menjadi tombak pertama dan utama dalam pendidikan anak adalah isu penting dan mendesak, mengingat karakter anak ditentukan oleh pola pendidikan dalam keluarga.
 
Sementara itu, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Bali I Gusti Agung Ngurah Sudarsana mengatakan kegiatan tersebut bagian dari usaha untuk mengajak ibu rumah tangga melihat persoalan radikalisme dan ekstremisme menjadi salah satu bagian dalam pendidikan dalam lingkungan keluarga.

Baca juga: BNPT akui kesulitan memverifikasi WNI bekas ISIS
 
“Kami berharap cara ini bisa mendorong masyarakat, khususnya perempuan untuk lebih bijaksana dalam memahami kondisi terkini dan fakta yang berkembang di lingkungan sekitar, sehingga dapat memberikan pemahaman kepada keluarga khusus anak dan juga lingkungan sekitar terhadap penyebarluasan paham radikalisme dan ekstremisme,” kata I Gusti Agung Ngurah Sudarsana di Denpasar, Bali.
 
Berdasarkan evaluasi dari Center for Strategi and International Studies (CSIS) terdapat 61 kasus terorisme mulai tanggal 1 Januari sampai 31 Agustus 2020. Global Terorism Index 2020 mencatat lebih dari 96 persen kematian akibat terorisme pada tahun 2019 terjadi di negara-negara yang sudah mengalami konflik bersenjata.
 
BNPT sendiri melihat perempuan menjadi kelompok yang rentan dalam ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme. Selama masa Pandemi COVID-19, kelompok ekstremis memanfaatkan media sosial dan platform online lainnya untuk melakukan radikalisasi masyarakat.

Sementara itu, menurut penelitian Sara Mahmood di Indonesia dan Pakistan, terorisme tidak akan menjadi aspek yang merugikan secara sosial jika tidak berhubungan dengan kekerasan seksual.