Polres Sumbawa beri bantuan korban kebakaran rumah

id kebakaran ,Sumbawa ,NTB,Bantuan

Polres Sumbawa beri bantuan korban kebakaran rumah

Aparat dan warga saat memadamkan rumah warga yang terbakar di wilayah Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB (ANTARA/Istimewa)

Mataram, NTB (ANTARA) - Kepolisian Resor Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, memberikan bantuan kepada korban kebakaran belasan rumah di Desa Juran Alas Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa.

"Setelah kejadian anggota memberikan bantuan kepada para korban," kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Sumbawa, AKP Sumardi dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Sabtu.

Baca juga: 11 rumah terbakar di Alas Sumbawa, kerugian ratusan juta rupiah

Adapun bantuan yang disalurkan kepada para korban tersebut berupa sembako, makanan siap saji, obat-obatan, peralatan mandi, peralatan dapur, pakaian layak pakai, perlengkapan bayi dan perlengkapan mandi. "Semoga batuan ini bisa membantu para korban untuk sementara waktu," katanya.

Sebelumnya pada Kamis (28/7) sore belasan rumah warga di Desa Juran Alas, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami kebakaran, diduga akibat hubungan arus pendek listrik. "Dalam peristiwa itu enam rumah rata dengan tanah, lima rumah lainnya rusak ringan," kata Kapolsek Alas, AKP Djoko Rahmat Santoso Gatot.

Kebakaran ini terjadi tepatnya di RT 01, RW 03, Dusun Otak Desa, Desa Juran Alas. Adapun rumah warga yang rata dengan tanah merupakan milik Jamaluddin (70), Fitranuddin (51), Hasanuddin (39), A. Yani (58), Hamzah (63) dan Hermawansyah (47). Sedangkan lima rumah warga yang rusak ringan yakni Syafruddin AR (50), Saiful Bahri (55), Samsuddin (50), Ramlah (70) dan Jubaedah (55).

Baca juga: Curi motor di Moyo Hulu Sumbawa, seorang "security" ditangkap Tim Puma Polres Sumbawa

Ia mengatakan peristiwa kebakaran ini berawal dari dugaan terjadinya korsleting arus listrik. Hal ini terjadi di rumah salah satu warga yang kemudian merembet ke rumah lainnya. Saat kejadian, pemilik rumah sedang tidak berada di rumah. "Selain mengakibatkan enam rumah hangus dan rata dengan tanah, serta lima unit Rumah rusak ringan, sebuah mushalla juga ikut terdampak," katanya.

Melihat kejadian tersebut, seluruh warga di sekitar TKP melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya. Tetapi api belum bisa dipadamkan, kemudian tiga unit pemadam kebakaran tiba di TKP membantu masyarakat untuk memadamkan api tersebut.

Pemadaman api dilakukan oleh petugas pemadam, dibantu personel Polsek Alas dan Koramil Alas, serta masyarakat setempat. Api baru bisa dikuasai sekitar pukul 18.30 Wita. Api cepat membesar karena rumah milik warga tersebut merupakan rumah panggung.

Baca juga: Birorena Polda NTB sosialisasi Perkap 09 tahun 2021 dan Perpol 11 tahun 2021 di Polres Sumbawa

"Selain itu, saat kejadian, angin berhembus cukup kencang, sehingga menyebabkan api cepat menyebar. Sempitnya jalan menuju TKP membuat personel pemadam kebakaran  kesulitan memadamkan api," katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini warga sekitar masih membantu untuk membersihkan puing-puing sisa kebakaran dan mengamankan barang-barang yang bisa diselamatkan. Anggotanya juga melakukan pengamanan di sekitar lokasi, untuk mencegah terjadinya tindak kriminal. "Kerugian material dalam peristiwa itu mencapai Rp500 juta. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," katanya.