KBRI Doha gelar malam apresiasi volunteer Piala Dunia

id piala dunia 2022,kbri doha,dubes ri qatar ridwan hassan,volunteer piala dunia

KBRI Doha gelar malam apresiasi volunteer Piala Dunia

Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan (batik kuning) berfoto dengan para volunteer Piala Dunia 2022 asal Indonesia dalam malam apresiasi yang digelar KBRI Doha di Wisma KBRI, Doha, Qatar, Jumat (23/12/2022). (ANTARA/HO-KBRI Doha)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI (KBRI) Doha pada Jumat (23/12) menggelar malam apresiasi bagi para relawan atau volunteer Piala Dunia 2022 Qatar asal Indonesia, di mana Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan menyebut mereka sebagai duta bangsa.

"Bagaimanapun juga mereka adalah duta bangsa yang berdiri langsung berhadapan dengan suporter dari banyak negara," kata Dubes Ridwan di Wisma KBRI Doha dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

KBRI Doha mencatat sedikitnya ada 90 warga negara Indonesia (WNI) yang terlibat sebagai volunteer Piala Dunia 2022. Mayoritas merupakan warga diaspora Indonesia di Qatar, tetapi tidak sedikit pula WNI yang sengaja terbang demi menjadi volunteer Piala Dunia 2022, baik dari Tanah Air maupun negara lain.

Selama Piala Dunia 2022, para volunteer asal Indonesia menjalankan berbagai tugas mulai dari pengelolaan media center, petugas informasi di stadion, pemandu penonton penyandang disabilitas, hingga mereka yang berjaga menjadi penunjuk arah di sepanjang rute suporter menuju stadion maupun tempat-tempat keramaian seperti FIFA Fan Festival.

"Meski saya harus menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam setiap hari, saya tetap menikmati kegiatan volunteering ini," kata salah satu warga diaspora yang menjadi volunteer, Ahmad Syarnubi Fatah.

Selain melalui para volunteer, warga diaspora Indonesia di Qatar juga banyak terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar. "Ada puluhan anak-anak Indonesia yang terlibat sebagai ball crew, flag bearer atau player escort dalam Piala Dunia kemarin," tutur Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Doha Ali Murtado.

Baca juga: Rusia sampaikan apresiasi atas presidensi G20 di Bali
Baca juga: Dubes Kanada ucapkan selamat atas kesuksesan KTT G20 Indonesia


Lebih lanjut, Indonesia juga berpartisipasi melalui beberapa pertunjukan seni budaya selama Piala Dunia 2022 Qatar atas kesempatan dari pemerintah setempat, baik itu berupa pentas angklung, pameran batik, festival diaspora, maupun aktivitas seni perorangan.

Atas partisipasi tersebut KBRI Doha juga memberikan penghargaan kepada Sanggar-Sanggar Seni dan Tokoh Seni Indonesia di Qatar yang telah aktif mempromosikan Indonesia selama Piala Dunia 2022.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KBRI Doha gelar malam apresiasi volunteer Piala Dunia asal Indonesia