PHBI NTB kumpulkan 96 ekor hewan kurban

id Idul Adha 1434 H, di Mataram, NTB

"Jumlah hewan kurban yang dihimpun PHBI NTB tahun ini, lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya," kata Ketua PHBI NTB H Lalu Syafi`i.
Mataram (Antara Mataram) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengumpulkan sebanyak 96 ekor hewan kurban, terdiri dari 28 ekor sapi dan 68 ekor kambing, untuk disembelih dan dibagikan dagingnya kepada yang berhak menerimanya.

Jumlah hewan kurban yang diserahkan berbagai pihak kepada PHBI Provinsi NTB itu diumumkan ke publik sebelum pelaksanaan Salat Idul Adha 1434 Hijriah, di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, di Mataram, Selasa.

Salat Idul Adha yang diikuti lebih dari 2.000 orang umat Islam dari berbagai permukiman di Kota Mataram itu dipimpin Dr TGH Lalu Ahmad selaku imam salat, dan DR TGH Salimul Jihad selaku khotib.

Ketua PHBI NTB H Lalu Syafi`i melaporkan bahwa sebanyak 28 ekor sapi itu berasal dari 16 pemberi hewan kurban, namun semuanya mengatasnamakan institusi.

PHBI NTB yang memberi lima ekor sapi, dan Dharma Wanita (DW) Pemprov NTB memberi empat ekor sapi, serta perusahaan daerah NTB yakni PT Daerah Maju Bersaing (DMB), Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTB, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Felda Global Malaysia, dan PT Bank BNI Mataram, masing-masing memberi dua ekor sapi.

Institusi lainnya yang juga memberi hewan kurban namun masing-masing satu ekor sapi yakni perusahaan tambang emas dan tembaga PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), PT Bank NTB, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura dan PT XL Mataram.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga NTB, Badan Pemeberdayaan Masyarakat (BPM) NTB, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika NTB, dan Bank BTN Mataram, juga masing-masing menyumbang satyu ekor sapi.

Sementara itu, sebanyak 68 ekor kambing kurban bersumber dari 25 pemberi hewan kurban yang juga umumnya mengatasnamakan institusi, termasuk PHBI NTB sebanyak 26 ekor kambing.

Sebanyak 96 ekor sapi dan kambing kurban itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin, kepada panitia yang akan menyembelih dan membagi-bagikan kepada yang berhak menerimanya, usai pelaksanaan Salat Idul Adha itu.

Jumlah hewan kurban yang dihimpun pengurus PHBI NTB itu, hanya bagian kecil dari total jumlah seluruh hewan kurban, karena pihak pemberi hewan kurban pada umumnya langsung membentuk panitia kecil di tingkat pengurus masjid maupun mushola untuk menyembelih hewan kurban itu kemudian didistribusikan kepada yang berhak menerimanya.

"Jumlah hewan kurban yang dihimpun PHBI NTB tahun ini, lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Syafi`i.

Pada Idul Adha 2012 jumlah hewan kurban yang dihimpun PHBI mencapai 82 ekor hewan kurban, terdiri dari 21 ekor sapi dan 61 ekor kambing, dan Idul Adha 2011 yakni sebanyak 64 ekor hewan kurban, terdiri dari 16 ekor sapi dan 48 ekor kambing.

Versi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, kebutuhan hewan kurban di wilayah NTB tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yang diperkirakan lebih dari seribu ekor sapi dan sembilan ribu ekor kambing.

Ketersediaan hewan kurban juga tidak menjadi masalah karena jumlahnya cukup banyak, yang terkonsentrasi di 22 titik, terbanyak di Kota Mataram, ibukota Provinsi NTB.

Tempat pemotongan hewan kurban menyebar di sekitar 132 lokasi yang umumnya merupakan kompleks mesjid dan mushola. (*)