InJourney libatkan warga lokal pada lomba di Danau Toba

id Holding BUMN Pariwisata,InJourney,Warga lokal ,F1H20 ,Danau Toba

InJourney libatkan warga lokal pada lomba di Danau Toba

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria di Jakarta, Kamis (2/2/2023). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN sektor pariwisata, InJourney melibatkan masyarakat lokal Danau Toba dalam perhelatan lomba internasional F1H20 Powerboat pada 25-26 Februari. "Perhelatan ini berbeda dengan gelaran di Mandalika di mana kalau di Mandalika seluruh penonton menyaksikan di sirkuit sehingga pendapatan tiket dan lainnya masuk ke BUMN. Namun dalam F1H20, InJourney berkoordinasi dengan semua masyarakat yang berada di pesisir Danau Toba," ujar Direktur Utama InJourney Dony Oskaria di Jakarta, Kamis.
 
Dony menambahkan lokasi di pesisir Danau Toba akan menjadi tempat untuk penonton dan masyarakat setempat diperbolehkan memungut bayaran selama mereka bekerja sama dan terdaftar sebagai InJourney official partner. "Kita ingin menjaga supaya tidak terjadi kenaikan harga yang luar biasa, sehingga kita bikin standardisasi," katanya.
 
Jumlah yang sudah terdaftar dan bekerja sama sebagai InJourney official partner mencapai sekitar 30 lokasi. Dengan demikian, dampak positif dari perhelatan F1H20 ini dapat langsung diterima oleh masyarakat, bukan InJourney yang menerima dan tidak dibebankan biaya apapun kepada masyarakat.
 
Selain itu dalam perhelatan ini, InJourney juga melibatkan kurang lebih 500 mahasiswa dan pelajar baik dalam tahap pembukaan acara maupun sebagai event organizer (EO). InJourney akan memberikan sertifikasi kepada mereka setelah terlibat dalam perhelatan F1H20 ini.

Baca juga: F1 Powerboat Danau Toba memiliki rute terunik di dunia
Baca juga: Danau Toba tuan rumah F1 Powerboat hingga 2027
 
Perhelatan F1H20 di Danau Toba memberikan dampak yang luar biasa bagi ekonomi masyarakat setempat. "Perhelatan F1H20 Powerboat ini betul-betul menjadi pesta rakyat Toba," kaya Dony.
 
Terkait konstruksi infrastruktur, perkembangannya bahwa InJourney sudah menyelesaikan pembangunan dry paddock dan wet paddock. Pekan ini InJourney menargetkan penyelesaian podium penonton, dan 12 kontainer yang membawa powerboat para peserta F1H20 telah tiba di Pelabuhan Belawan, Medan sehingga akan diberangkatkan ke lokasi balapan di Danau Toba.