3.315 Pantarlih di Lombok Tengah coklit daftar pemilih Pemilu 2024

id Coklit KPU Lombok Tengah

3.315 Pantarlih di Lombok Tengah coklit daftar pemilih Pemilu 2024

Kantor KPU Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Sebanyak 3.315  Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat telah mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2024. 

"Coklit ini dilakukan dengan dor to dor ke rumah warga yang memiliki hak suara," kata Ketua KPU Lombok Tengah, L Darmawan di Praya, Selasa. 

Ia mengatakan, data coklit ini dilakukan kepada warga yang berpotensi menjadi pemilih pada Pemilu 2024 atau sesuai dengan daftar pemilih yang terdaftar saat ini. 

"Yang belum masuk daftar pemilih dimasukkan, yang sudah masuk daftar dan tidak memenuhi, dikeluarkan dari data pemilih," katanya. 

Ia mengatakan, coklit ini bertujuan untuk melaksanakan pencocokan dan penelitian yang  dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dalam rangka pemutakhiran data pemilih. Sehingga dalam pelaksanaan tahapan pemilu ini, coklit dilaksanakan dengan cara mendatangi pemilih secara langsung.

"Hasil coklit ini ditetapkan menjadi daftar pemilih perbaiki, baru ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara (DSP) dan baru Daftar Pemilih Tetap (DPT)," katanya. 

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mendukung coklit yang merupakan tahapan Pemilu 2024, sehingga warga bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan yang diharapkan.

"Ketika ada petugas kami yang datang, silahkan sampaikan data  dengan benar, sehingga masuk dalam DPT nantinya," katanya. 

Untuk diketahui,  jadwal coklit pemuktahiran data pemilih pada Pemilu 2024 ini berlangsung sejak 12 Februari sampai 14 Maret 2023. Sedangkan Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024.