Wiracarita Porprov 2023

id Porprov NTB 2023,Porprov NTB,Porprov NTB XI 2023,Porprov,Cabor,KLu,KONI

Wiracarita Porprov 2023

Mujaddid Muhas, M.A.* (Koordinator Bidang Humas dan Publikasi KONI KLU) 

Demi kemajuan daerah serta ekosistem keolahragaan pada masa mendatang
Mataram (ANTARA) - Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI 2023, memberikan impresi yang tak terkirakan. Betapa tidak, penyelenggaraan yang sempat tertunda setahun, dapat diselenggarakan persis setelah masa berakhirnya Pandemi Covid-19. 

Kejuaraan yang dipusatkan di Kota Mataram tersebut, relatif berlangsung lancar, sportif dan elegan. Laik diapresiasi. Kendati ada beberapa hal yang masih memerlukan perbaikan dari waktu ke waktu. 

Sebanyak 35 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan selama kurang lebih delapan hari, dengan 473 nomor pertandingan. Berkompetisi merebut 1544 medali, terdiri atas 453 emas, 453 perak, 638 perunggu. 

Ada banyak surprise, pencapaian dan keunikan yang membahana di arena lapangan. Para atlet, para pelatih, official, pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia tingkat Provinsi NTB dan kabupaten/kota serta para supporter heroik dan berjibaku menjadikan kontingen masing-masing sebagai yang terbaik hingga juara. 

Suatu lanskap suasana kompetisi yang menghadirkan unjuk power keolahragaan, baik dari atlet-atlet yang pernah peraih juara maupun yang berpotensi juara. 

Tampak pula semisal, Bupati Dompu Kader Jaelani yang turut bertanding dalam Porprov 2023 pada cabor Biliar. Kemudian Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin yang berlaga pada cabor Panahan, serta Ketua KONI Kota Mataram H Firadz Pariska yang bertanding pada Cabor Menembak, masing-masing mewakili daerahnya berkompetisi meraih prestasi. 

Termasuk keikutsertaan dari anggota kesatuan TNI dan Polri yang menjadi atlet dari berbagai Cabor yang dipertandingkan. Menjadikan olahraga sebagai perekat dan stimulan perpaduan dari berbagai unsur: memadukan dan memersatukan. Olahraga untuk semua. 

Ada pula kesemarakkan dari pedagang kostum olahraga dari berbagai varian yang menjajakan lapak-lapak perniagaannya di sekitar arena. Manufaktur persablonan hingga tempat penginapan dan kuliner, menjadi penanda suasana eufhoria telah kembali relatif normal. 

Perputaran ekonomi tentu saja berdampak meningkat, setidaknya selama dua pekan, dengan adanya ajang Porprov 2023.

Kilasan Medali dan Atlet KLU