Hammersonic 2023 targetkan penonton 35 ribu orang

id Hammersonic,festival musik,musik metal,Slipknot,Hammersonic 2023

Hammersonic 2023 targetkan penonton 35 ribu orang

(Dari kiri ke kanan) Representative dari Hammersonic Festival 2023 Dede Rianta dan Naomi Claudya beserta dua penampil di Hammersonic DJ Sihk dan Stevi Item dari DeadSquad saat konferensi pers di Jakarta, Senin (06/03/2023). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Jakarta (ANTARA) - Pihak penyelenggara Hammersonic 2023, festival musik cadas yang akan digelar pada 18-19 Maret mendatang di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta, menargetkan jumlah penonton sekitar 30.000 hingga 35.000 orang.

"Kalau dari penonton, sih, ekspektasinya kita itu sekitar 30 ribu sampai 35 ribu. Dan tiket yang terjual itu sekitar 25 ribu tiket," kata Representative dari Hammersonic Festival 2023 Dede Rianta atau akrab disapa Deri di Jakarta, Senin.

Festival musik cadas itu seharusnya diadakan pada 27-28 Maret 2020 namun ditunda karena faktor pandemi COVID-19. Jadwal acara kemudian mundur dan kembali ditunda pada 2021 dan 2022. Pada 2019, penyelenggara telah menjual tiket Hammersonic Festival dengan harga mulai dari Rp750.000. Saat ini, penggemar musik metal dan rock yang belum memiliki tiket masih bisa membelinya lewat halaman resmi Hammersonic seharga Rp2.650.000 sudah termasuk pajak untuk dua hari festival. "Sisanya (sisa tiket yang belum terjual) paling tinggal sekitar 10 ribuan. Makanya, kita masih buka tiket box-nya sampai sekarang," ujar Deri.

Bagi penonton yang sudah membeli tiket pada 2019, Deri mengatakan penukaran tiket dapat dilakukan secara langsung di venue dan hanya perlu membawa voucher beserta KTP. Di samping itu, merchandise juga akan dibagikan ketika penukaran tiket.

Selain penonton dalam negeri, menurut Deri, Hammersonic Festival juga diminati oleh penggemar musik metal dan rock dari luar negeri seperti Singapura hingga India. "Penontonnya itu kita sekarang ini, karena Singapura dan Filipina cancel (Slipknot batal tampil di Singapura dan Filipina), kita ada banyak penonton dari Singapura, Malaysia, Thailand, bahkan sampai India," kata dia.

Slipknot, band metal asal Amerika, menjadi penampil utama di Hammersonic Festival 2023. Selain itu, penampil internasional lainnya juga termasuk Trivium, Watain, Saosin, Story of the Year, Black Flag, Vio-lence, Amon Amarth, Tiny Moving Parts, dan lainnya.

Festival itu juga akan menghadirkan band-band dan musisi lokal seperti Deadsquad, Burgerkill, DJ SIHK, Rocket Rockers, St Laco, dan masih banyak lagi. Pihak penyelenggara menyiapkan total lima panggung di festival tersebut, termasuk panggung khusus bernama empire stage yang akan menjadi arena penampilan dari Slipknot. Trivium, Watain, dan Amon Amarth juga akan beraksi di empire stage.

Sebagian besar line-up penampil tidak berubah sejak pertama kali diumumkan, hanya saja beberapa band batal tampil di Hammersonic 2023 seperti Overkill dan Suicide Silence. Deri mengatakan vokalis Overkill tengah sakit stroke sehingga belum bisa datang ke Asia sementara Suicide Silence memang membatalkan seluruh turnya di Asia. "Sebelumnya kita juga sempat berusaha nih panggil mereka, masih kita bujuk lagi, ternyata mereka ada internal issue kalau dari Suicide Silence," kata Deri.

Baca juga: Dispar Mataram gelar Festival Mandalika 11-12 Maret 2023
Baca juga: Festival Kuliner Aceh 2023 maksimalkan partisipasi swasta


Line-up penampil lokal juga mayoritas tidak berubah, hanya saja slot untuk Vox Mortis diganti menjadi Dreamer. Hal ini, kata Deri, mengingat Vox Mortis saat ini tengah menyusun materi baru untuk album mereka. Pada penyelenggaraan tahun ini, Hammersonic tak hanya menyuguhkan penampilan band-band cadas. Ada pula beragam kegiatan bagian dari Hammersonic Metal Convention, mulai dari Hammersonic Talk, Hammersonic Commedy Show, hingga Hammersonic Award.

Untuk memudahkan mobilisasi penonton, pihak penyelenggara juga bekerja sama dengan layanan transportasi Aerotrans yang menyediakan shuttle di beberapa titik yang akan mengantar penonton sampai ke venue. Reservasi shuttle ini dapat dilakukan secara daring untuk fasilitas pergi-pulang.