Bupati Lombok Tengah mengajak guru sukseskan program Merdeka Belajar

id Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri ,Hardiknas 2023 di Lombok Tengah,Lombok Tengah,merdeka belajar,guru di Lombok Tengah,guru

Bupati Lombok Tengah mengajak guru sukseskan program Merdeka Belajar

Apel Hardiknas 2023 yang digelar Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat di halaman kantor bupati setempat, Selasa (2/5/2023) (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengajak semua guru pada momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 untuk mendukung dan menyukseskan program Merdeka Belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Mari kita ikhtiar bersama untuk mendukung program merdeka belajar," katanya pada acara peringatan Hardiknas 2023 di halaman kantor bupati setempat di Praya, Selasa.

Pemerintah daerah terus melakukan berbagai program untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Lombok Tengah. Sehingga dengan adanya program merdeka belajar ini diharapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Lombok Tengah.

"Pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Lombok Tengah," katanya.

Ia mengatakan, selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa semuanya semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik.

"Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri," katanya.

Ia mengatakan, para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya, sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.