Lombok Tengah menjadi tuan rumah ajang balap sepeda internasional

id balap sepeda di Lombok Tengah,balap sepeda internasional di Lombok Tengah, L'Etape Indonesia Tour The France 2023 ,Tour the france 2023,Lombok Tengah

Lombok Tengah menjadi tuan rumah ajang balap sepeda internasional

Sekda Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Lalu Firman Wijaya (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjadi tuan rumah lokasi penyelenggara ajang balap sepeda Internasional atau L'etape Indonesia Tour The France 2023.

"L Etape dilaksanakan tanggal 27-28 Mei 2023 di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika," kata Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya di Praya, Rabu.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, pemerintah daerah bersama pihak penyelenggara telah melakukan rapat persiapan dan kegiatan tersebut dipastikan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. "Tadi kita telah melakukan rapat persiapan," katanya.

Rute ajang balap sepeda Internasional direncanakan melewati 8 kecamatan di Lombok Tengah atau tidak jauh beda dengan rute sebelumnya di 2022 lalu.

"Ajang balap sepeda itu dapat meningkatkan perekonomian khususnya di wilayah Lombok Tengah," katanya.

Dengan adanya kegiatan itu diharapkan bisa mendukung pariwisata di Lombok Tengah dan menjaga ajang promosi pengembangan pariwisata di KEK Mandalika.

Karena, ajang tersebut merupakan balap sepeda khusus untuk pembalap profesional yang di ikuti sekitar 22 negara yang akan dilaksanakan pada Sabtu 27 Mei 2023 dari pukul 10.00 wita - 19.00 wita dan Minggu 28 Mei 2023 dari pukul 04.30 wita - 17.00 wita bertempat di Pertamina Mandalika Street Circuit.

Adapun kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas Long Distance 141 Km, Short distance 79 Km dan Non road bike 48 Km yang diikuti oleh peserta sekitar 500 peserta.